IBX59ED8B2FED208 5 Spot Unik di Al Jazeerah Signature Ini Bikin Digandrungi Pengunjung - Jendela Informasi

5 Spot Unik di Al Jazeerah Signature Ini Bikin Digandrungi Pengunjung

Jendela Informasi - Daya pikat beberapa negara di Semenanjung Arab tidak ada habisnya untuk diungkap, sejak dari keeksotisan Maroko dengan Kota Casablanca dan Marrakech-nya, Libanon, sampai keromantisannya Turki. Kekayaan detail arsitektur yang dimiliki negara-negara Timur Tengah mulai dari motif ornamen, ragam desain, dan variasi warna, bisa memberikan inspirasi untuk diadaptasi. Unik, mewah, eksotis sekaligus ekspresif.

Di Kota Bandung, ada satu tempat baru yang menjadi incaran orang-orang yang haus akan suasana Timur Tengah. Namanya, Al Jazeerah Signature. Letaknya di Jalan Ternate Nomor 3, Kota Bandung.

Berada di bangunan seluas 1.300 meter persegi ini, kita seakan lupa sedang berada di pusat Kota Bandung. Suasana asri ala Timur Tengah yang berpadu dengan alunan musik Arabian memberi kesan bahwa kita sedang berada di salah satu bangunan khas yang ada di salah satu negara di Semenanjung Arab.


Restoran sekaligus lounge berkonsep Timur Tengah ini baru diresmikan pada 20 Agustus 2017 lalu. Meskipun demikian, tempat ini jarang sepi pengunjung. Justru, selain demi mencicipi kuliner autentik Timur Tengah, eksotisme arsitektur Al Jazeerah Signature seakan mengundang pengunjung untuk berfoto di banyak sudut.

Belakangan ini memang restoran atau kafe yang memiliki konsep kuat dan spesifik banyak digandrungi masyarakat. Tak hanya datang untuk menikmati kuliner yang disajikan, melainkan juga berfoto di dalamnya.

Banyak pengunjung yang memanfaatkan berbagai spot unik di Al Jazeerah Signature untuk berfoto dan membagikannya di media sosial. Dari hal itu saja, semakin banyak orang yang penasaran dan datang langsung ke lokasi. Berikut lima spot yang paling banyak digunakan masyarakat ketika berfoto di Al Jazeerah Signature:

Ruang VIP bergaya Maroko
Maroko merupakan negara yang terletak di ujung Benua Afrika dan berbatasan langsung dengan negara Eropa, seperti Portugis dan Spanyol. Akibat dari faktor geografis, banyaknya negara yang sempat menjajah negara ini membuat gaya arsitekturnya menjadi unik.

Itu adalah salah satu alasan, mengapa ruangan VIP di Al Jazeerah Signature mengusung gaya Maroko. Detail arsitektur dan ornamen interior yang unik membuat ruangan ini unik dipandang. Di dalam ruangan ini, terdapat sofa panjang di tiga sudut ruang. Di dinding tengah, terdapat kaca patri bergaya geometris yang berpola. Kaca patri itu memiliki nuansa biru, merah, dan hijau.

Piring raja sebagai dekorasi dinding
Di beberapa bagian dinding, terdapat sekumpulan piring berwarna emas. Piring-piring tersebut dulu digunakan oleh keluarga Kerajaan Arab sebagai wadah makan. Beberapa piring itu diambil dari banyak tempat di Turki, Yaman, dan sebagainya. Dibersihkan dan menjadi bagus lagi. Lalu, dijadikan ornamen dinding.

Partisi kayu geometrik
Elemen arsitektur Timur Tengah banyak menerapkan bentuk geometrik, seperti bentuk bintang, wajik, dan sulur. Bentuk ini juga ditemukan pada partisi kayu, yang membatasi satu ruang dengan ruangan lain di Al Jazeerah Signature.

Jika biasanya bentuk omamen ini agak ramai karena menabrakkan warna dan motif, tak demikian dengan partisi di lokasi ini. Selain dipahat selaras, partisi sengaja dicat natural berwarna cokelat untuk memberikan kesan homey sekaligus eksotis.

Tak jarang, pengunjung berfoto di depan latar ini. Dominasi wama kontras dengan aksen geometris akan membuat objek di depannya terlihat glowy.

Ruang lesehan
Sebuah ruangan bergaya Timur Tengah, tentu tak lengkap jika tidak dihiasi dengan karpet Persia yang kaya corak dan warna. Tak hanya digunakan sebagai elemen dekoratif dinding, karpet yang biasanya memiliki kombinasi warna cokelat tua, merah marun, dan kuning gading ini juga digunakan sebagai penutup lantai.

Selain itu, juga digunakan kain-kain pelapis dekorasi ruang yang seolah-olah menjadi sebuah tenda di padang pasir. Di lokasi ini, diterjemahkan dengan penggunaan gorden bemuansa merah marun dan abu-abu.

Di dalamnya, terdapat ruangan dengan sistern lesehan. Elemen dekoratif bergaya Timur Tengah juga semakin ditahbiskan dengan penggunaan bantal-bantal bermotif. Ada dua area lesehan di tempat ini. Di sebelah kiri foyer, serta di bagian belakang.

Dalam bahasa Arab, tempat ini biasa disebut sebagai jalsah. Elemen dekoratif yang unik dan eksentrik, membuat lokasi ini banyak dipilih pengunjung, untuk menikmati sajian kuliner dan bersantai.

Ruang hijau
Dinamakan green room atau ruang hijau, karena terdapat dominasi warna hijau di dalamnya. Dominasi hijau itu terlihat dari cermin beraksen unik yang juga berfungsi ganda sebagai berlemen dekoratif pada dinding.

Konsep ruangan ini bergaya Maroko. Sampai lampunya juga didatangkan dari Maroko. Di bawah cermin tersebut, terdapat kursi berbentuk "U" yang mengikuti kontur ruangan. Di bagian ruangan ini, banyak pengunjung yang tak tahan mengeluarkan telefon pintar atau kamera, dan kemudian menggunakannya untuk berfoto. [Sumber: Endah Asih/PRM/27082017]

0 Response to "5 Spot Unik di Al Jazeerah Signature Ini Bikin Digandrungi Pengunjung"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.