IBX59ED8B2FED208 Indahnya Danau Setu Patok Cirebon Di Kala Senja Hari - Jendela Informasi

Indahnya Danau Setu Patok Cirebon Di Kala Senja Hari


Jendela Informasi - Menikmati senja di tepi Danau Setu Patok dapat menjadi pilihan tepat ketika berkunjung ke Cirebon. Air danau yang tidak beriak dengan panorama hijau dari persawahan dan bukit di tengah-tengah serta tepian danau menambah keadaan menentramkan.

Jalan menuju objek wisata yang berada di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon itu termasuk relatif mudah. Memerlukan waktu kira-kira 30 menit dengan mengendarai kendaraan beroda dua maupun kendaraan beroda empat melawati 2 jalur yang ada, yaitu lewat jalur pantura (pantai utara) di kawasan Mundu atau lewat Perumnas Argasunya.

Kedua jalur itu bisa sama-sama dituju dari wilayah Kota Cirebon. Tetapi, biasanya wisatawan banyak mempergunakan jalur pantura sebab keberadaan jalan masuknya terletak di seberang jalan tepat sesudah memasuki jembatan perbatasan milik Kabupaten Cirebon tersebut.

Tidak perlu khawatir tersasar. Cukup berkendara mengikuti jalur yang memakan waktu sekitar 20 menit sejak masuk dari jalur pantura. Di sepanjang jalan pun terdapat rumah-rumah warga jika Anda merasa perlu bertanya mengenai akses ke lokasi. Kendaraan nantinya dapat disimpan di area parkir yang luas sepanjang jalan masuk setu.

Lokasi objek wisata Setu Patok yang juga menjadi danau untuk pengairan sawah itu selalu diramaikan oleh pengunjung, terutama muda mudi pada sore hari. Kebanyakan pengunjung mencari pemandangan mendekati sore hari, saat air danau membiaskan cahaya matahari yang seolah-olah terbenam di permukaan danau.

Wisata ini pun sangat direkomendasikan bagi Anda yang memilih hobi fotografi. Selain pemandangan alamnya menawan, terdapat warga yang memancing di pinggir atau bahkan di tengah danau menggunakan perahu getek.

Pukul 16.00-17.00 merupakan waktu yang cocok bila Anda mau mengabadikan momen sembari merasakan udara adem dan panorama alam yang disuguhkan. Terdapat warung-warung kecil di sekitar jalan masuk. Anda dapat duduk santai sambil menikmati camilan ataupun minuman ringan.

Jika beruntung, pemandangan Gunung Ciremai dapat Anda saksikan. Namun, bila cuaca kurang mendukung, "penampakan" Gunung Ciremai tertutupi mendung. Jadi, sebaiknya datang pagi hari. Menurut warga sekitar, pada pagi hari, Setu Patok menjadi primadona sebagai tempat berolah raga pukul 6.00-7.00.

Terdapat sejumlah fasilitas lain bagi Anda yang ingin berkeliling atau mendekati area bukit. Ada boat yang akan membawa Anda mengelilingi setu dengan tarif Rp 20.000 per orang. Pemandangan setu terasa lebih istimewa ketika mendatangi bukit di tengah-tengah danau. Dengan menggunakan kendaraan melewati jalan masuk yang berbeda, Anda bisa merasakan fasilitas outbond, tempat berkemah, kolam renang dan pondok wisata.

Danau tersebut oleh masyarakat setempat berusaha dipertahankan kealamiannya. Pemandangan di Setu Patok bagus sekali, tetapi mesti pandai memilih waktu untuk mengunjunginya. Pasalnya, pukul 07.00 ke atas suasana telah mulai panas sehingga kurang nyaman untuk aktivitas jalan-jalan di sekitar lokasi. Berkunjung ke Setu Patok tidak dipungut biaya masuk sehingga siapapun bisa dengan mudahnya berkunjung ke sana. 

0 Response to "Indahnya Danau Setu Patok Cirebon Di Kala Senja Hari"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.