Tips Aman Mengkonsumsi Dagi Kambing Pada Hari Raya Kurban

Jendela Informasi - Saat ini umat Muslim dunia sedang merayakan Hari Raya Kurban (Idul Adha). Pada hari ini hampir seluruh masyarakat di penjuru negeri akan dapat merasakan nikmatnya daging kurban, baik itu berupa daging sapi atau daging kambing.

Pada umumnya, orang kerap menghindari daging kambing karena memandang daging kambing merupakan pemicu hipertensi (tekanan darah tinggi). Faktanya daging kambing memiliki kandungan lemak total, kolesterol, lemak jenuh (saturated fat) yang lebih rendah jika dibandingkan dengan daging lainnya.



Ahli gizi dari Unsoed, Hesti Permata Sari, S.Gz, M.G menjelaskan, kandungan protein daging kambing hampir sama dengan daging lainnya. Akan tetapi, daging kambing memiliki karakteristik yang khas dalam hal lemak jenuh dan kolesterol. Daging kambing memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dan kandungan lemak mono dan polysaturated yang lebih tinggi.

Hasil analisa menunjukkan bahwa daging kambing memiliki lemak 50 persen lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi (dalam jumlah yang sama). Maka sebenarnya tak perlu takut memakan daging kambing karena daging itu ternyata lebih menyehatkan ketimbang jenis daging lainnya. Namun perlu diingat, yang boleh dimakan hanya dagingnya, bukan lemaknya. Karena dagingnya yang sehat, sementara lemaknya jahat.

Untuk mengurangi efek negatif pada daging kambing, dihimbau agar masyarakat dapat memilih olahan yang tepat. Pilihan terbaik untuk mengolah daging kambing adalah dengan membuatnya menjadi sop/sup. Jumlah kalori pada sop kambing lebih sedikit dikarenakan tambahan air dan sayuran yang ada pada sop kambing. Selanjutnya adalah konsumsi sayur dan buah.

Mengkonsumsi aneka sayuran sangat disarankan setelah memakan daging kambing. Sayuran seperti tomat, mentimun, dan wortel adalah pilihan terbaik. Buah-buahan juga dapat mengimbangi jumlah kalori yang masuk.

Kemudian selain mengkonsumsi buah dan sayur, sebaiknya jangan memakan daging kambing yang memiliki lemak berwarna putih, serta kurangi makanan manis seperti sirup dan kue.

Dan yang tidak kalah penting, lakukan olahraga ringan. Melakukan olahraga ringan seusai makan daging kambing dapat membakar kalori dan lemak. Pilihlah olahraga seperti bersepeda dan lari-lari kecil. [Sumber: mamanmalmsteen.blogdetik.com]
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment