4 Tips Merawat Gigi dengan Kawat Gigi (Behel)

Tips Merawat Gigi dengan Kawat Gigi (Behel)

Jendela Informasi - Memiliki susunan gigi yang rapi dan senyum yang indah menjadi harapan siapa pun. Solusi untuk memperbaiki susunan gigi adalah dengan pemakaian kawat ortodonti atau behel. Perawatan ortodonti atau yang biasa dikenal dengan sebutan kawat gigi atau behel adalah suatu perawatan untuk memperbaiki ketidakharmonisan susunan gigi untuk mendapatkan hubungan gigi-geligi yang baik sehingga dapat memperbaiki fungsi pengunyahan dan menciptakan keserasian estetika wajah yang harmonis.

Alat ortodonti kini banyak digunakan di masyarakat luas. Baik orang dewasa ataupun anak-anak memakai alat ortodonti tidak hanya untuk keperluan perawatan gigi dan mulut, namun pula sebagai bagian dari life style/gaya hidup. Namun, terkadang masyarakat tidak menyadari risiko dari pemakaian alat ortodonti, seperti masalah kebersihan mulut dan karies. 

Menjaga kebersihan mulut dengan baik merupakan tantangan bagi siapa pun, terutama pengguna alat ortodonti (behel). Sebab, selama perawatan ortodonti, sangat sulit untuk menjaga kebersihan mulut karena terdapat komponen alat ortodonti seperti breket dan kawat yang bercelah sehingga memudahkan makanan untuk masuk dan tertinggal di dalamnya.

Perawatan ortodonti juga dapat memberikan dampak berupa perubahan lingkungan rongga mulut, peningkatan jumlah plak yang dapat menyebabkan karies gigi dan gingivitis, sebagai akibat sulitnya prosedur kebersihan mulut pada pasien.

Penggunaan alat ortodonti cekat pun menurunkan efek kebersihan dari menyikat gigi dalam membuang plak. Bertambahnya akumulasi plak menyebabkan jumlah mikroba rongga mulut juga bertambah dan ujung-ujungnya merusak kestabilan biologi rongga mulut.

Berikut adalah tips merawat gigi dengan kawat gigi.
1. Lebih rajin menyikat gigi dengan menggunakan sikat gigi khusus (orthodontic brush) dan flossing dengan benang gigi
Merawat kesehatan gigi dan mulut menjadi lebih penting ketika kita memakai kawat gigi. Pemakai kawat gigi harus menyediakan waktu untuk lebih sering menyikat gigi dan flossing dengan benang gigi. Tetapi perlu diingat ketika menyikat gigi harus lebih lembut dan perlahan karena menghindari terjadinya kerusakan pada bracket dan kawat gigi.

Gunakan sikat gig khusus (orthodontic brush) yang memiliki bulu sikat lembut dan pasta gigi yang mengandung floride. Disarankan menyikat gigi setiap habis makan karena makanan mudah sekali tertinggal di celah-celah bracket yang apabila dibiarkan dapat menyebabkan penumpukan plak. 

Flossing setelah makan juga dapat membantu kita menggapai partikel makanan yang tersangkut di antara gigi atau di antara kawat dan bracket tetapi hal ini juga perlu dilakukan secara hati-hati dan perlahan untuk mencegah kerusakan pada bracket dan kawat.

2. Hindari beberapa jenis makanan 
Pengguna kawat gigi harus sudah siap dengan daftar makanan dan minuman yang harus dihindari selama pemakaian kawat gigi, di antaranya makanan yang lengket, kenyal, dan keras. Makanan yang lengket dan kenyal seperti permen atau jelly gummy biasanya sangat mudah tersangkut di antara bracket sedangkan makanan yang keras dapat membuat bracket terlepas atau kawat terputus.

3. Lindungi bracket Anda
Bagi Anda yang rutin melakukan olah raga terutama yang berisiko untuk jatuh atau terpukul seperti beladiri, sepak bola, dan sebagainya, Anda dapat tetap menggunakan kawat gigi. Namun, dokter akan menyarankan Anda untuk menggunakan guard atau pelindung pada saat berolah raga. Hal itu untuk menghindari luka atau trauma di sekitar mulut pada saat terjadi benturan akibat bracket dan kawat gigi.

4. Melakukan pemeriksaan rutin atau kontrol
Saat menggunakan kawat gigi, dokter gigi akan memberikan Anda jadwal untuk melakukan kontrol rutin setiap bulan. Hal tersebut bertujuan melihat kemajuan perawatan dan memeriksa ada tidaknya masalah selama penggunaan kawat gigi. Pasien yang rajin kontrol sesuai dengan jadwal dan dapat menjaga kebersihan mulut serta bracket dan kawat giginya akan mengalami kemajuan perawatan lebih cepat.

Seperti itulah tips merawat gigi dengan kawat gigi. Semoga dapat bermanfaat dan masyarakat dapat memiliki gigi yang sehat dan senyum yang indah. [Referensi: Gita gayatri/PRM/16/10/2017]

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon