Curug Tilu Rancabali, Wisata Alam Eksotis di Tengah Hamparan Kebun Teh

Jendela InformasiCurug Tilu Rancabali, Wisata Alam Eksotis di Tengah Hamparan Kebun Teh -  Tidak semua pengunjung wisata ke daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung mengetahui adanya curug yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dibuka pada 2009, Curug Tilu dulunya bernama Situ Lembang. Kemudian pengelola dari PT Perkebunan Nusantara VIII melalui unit Agro Wisata, menata kawasan air tersebut dan mengganti namanya.

Lokasinya berada di Kampung Cisabuk, Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Ciwidey. Pilihan wisata alam keluarga yang eksotis setelah Kawah Putih dan sebelum Situ Patengang. Curug berada di tengah-tengah perkebunan teh Rancabali yang asri.

source image : Google

Berjarak sekitar 50 kilometer ke arah selatan Kota Bandung, Rancabali merupakan daerah pegunungan dengan ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut. Untuk sampai Curug Tilu bisa lewat Jalah Raya Rancabali menuju perbatasan Kabupaten Cianjur, lalu belok ke Desa Cipelah. Lalu, ada jalan lebih kecil dengan jarak tempuh lima kilometer. Perjalanan berbukit yang melewati perkampungan, jauh dari polusi udara.

Curug Tilu tercipta karena adanya tiga aliran sungai kecil di tebing yang cukup tinggi, tak jauh dari perkampungan warga. Awalnya aliran itu membentuk danau kecil dan menciptakan beberapa jeram. Setelah ditata dan dibentuk oleh PTPN VIII, terciptalah air terjun yang indah sehingga menjadi tempat swafoto warga atau untuk prewedding: Ditambah dengan deretan bunga-bungaan dan pepohonan, menambah kenyamanannya.

Arus air di curug itu laiknya aliran sungai yang melintasi bebatuan dengan kemiringan yang tak terlalu terjal. Curugnya tidak terlalu tinggi, airnya jernih, dan masih memiliki danau penampungan. Diberi tambahan deretan pancuran air dari bambu, membuat aman para pengunjung yang bermain air.

Curug Tilu Rancabali ada juga yang menyebutnya Curug Batu Lawang Ibu atau Taman Wisata Air Curug Tilu. Itu bisa membedakannya dengan nama curug lain, yaitu Curug Tilu Leuwi Opat yang berada di kawasan Parongpong, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Sejauh ini, keberadaan tiga curug di Desa Cipelah yang berdampingan terlebut, turut dimanfaatkan oleh warga. Airnya untuk keperluan sehari-hari.

Akses masuk ke Curug Tilu Rancabali bisa melalui kawasan wisata seperti Rancabali Tea Valley yang berdekatan dengan Situ Patengang, Ciwidey, yang dikelola oleh Agro Wisata PTPN VIII. Tiket masuk ke Curug Tilu Rancabali cukup terjangkau, Rp 10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 30.000 untuk wisatawan mancanegara. Biaya parkir sekitar Rp 5.000. Mengunjungi curug bisa juga menggunakan tiket terusan dari tempat wisata di sana. [Source Article : E. Saepuloh/PRM/14012018]

Info Singkat
Nama : Curug Tilu Rancabali
Alamat : Jalan Raya Rancabali, Kampung Cisabuk, Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung
Mulai beroperasi jadi tempat wisata : 2009
Luas area : sekitar 3 hektar

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon