3 Tips Membuat Mebel Custom Made (Desain Sendiri)

Jendela Informasi - Mendandani isi rumah memiliki sisi keasyikan tersendiri. Bayangkan, kita bisa mencari dan memilih perabot apa yang paling sesuai dengan selera. Jika ingin sesuatu yang unik dan berbeda, mengapa tidak melakukannya dengan desain sendiri (custom made)? Lantas, bagaimana cara membuat mebel custom made?

Ibarat fashion, furnitur atau mebel yang unik dan berbeda juga memberikan kepuasan tersendiri bagi penggunanya, dalam hal ini adalah pemilik rumah. Rasanya asyik bukan jika memiliki perabot yang tidak semua orang bisa menyamainnya. Apalagi, jika produksinya tidak dilakukan secara massal.



Hanya, terkadang kita tak melulu bisa mendapatkan perabot yang sesuai dengan keinginan dan selera hati. Untuk itu, banyak orang yang kian giat mencari penyedia jasa mebel custom made dengan kualitas dan harga yang bersaing.

Banyak sekali keleluasaan yang bisa didapatkan dari merancang sendiri mebel yang akan diletakkan di dalam hunian. Meskipun konsep merancang sendiri yang dimaksud sebenarnya tak melulu semua dilakukan sendiri dari awal hingga akhir proses desain.

Salah satu keleluasaan yang didapatkan adalah menyesuaikan konsep dengan sumber daya yang dimiliki. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum membuat mebel custom made.
• Tentukan bujet
Tak bisa dimungkiri, bujet menjadi salah satu hal terpenting sebelum memutuskan untuk membuat mebel dengan cara custom. Dari penghitungan bujet yang ada, baru bisa ditentukan apakah desain dan material yang diinginkan memungkinkan atau harus melalui penyesuaian tertentu.
• Komunikasikan dengan desainer
Saat membawa ide awal ke tangan penyedia jasa mebel custom, optimalkan diskusi dengan desainer untuk benar-benar mendapatkan desain terbaik. Elemen terpenting yang biasanya didiskusikan, misalnya, soal ukuran ruangan, penempatan mebel, konsep dan tema hunian, dan semacamnya. Saat datang, klien biasanya sudah memiliki gambaran awal yang didapatkan dari referensi seperti internet. Tak masalah, tinggal brainstorming saja untuk mendapatkan desain yang paling memungkinkan.
• Penyedia jasa terpercaya
Untuk mendapatkan mebel yang bagus dan sesuai dengan konsep ruangan, tentu saja kualitas material, teknik pengerjaan, dan finishing tak bisa ditepikan. Jangan lupa untuk mencari penyedia jasa terbaik yang menawarkan kualitas dan servis paling memuaskan. 

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon