Aneka Gaya Lemari Pakaian, Kenali Dulu Sebelum Memilihnya

Maman Malmsteen 10.53.00

Jendela Informasi - Lemari boleh saja memiliki fungsi utama sebagai tempat meletakkan pakaian atau barang-barang rumah tangga lain. Namun, bagi sebagian orang, lemari juga menjadi item fashion yang sangat diperhatikan sehingga desainnya sebagai bagian dari interior kamar (dan rumah) juga menunjukkan gaya hidup, cara berpakaian, hingga pengalaman dan kenangan yang terdapat di dalamnya.

Tak hanya rumah, lemari pakaian juga memiliki banyak gaya. Disesuaikan dengan desain kamar, hunian, atau bahkan bertolak belakang dengan desain hunian secara keseluruhan.

Secara umum, desain dan gaya lemari pakaian berkiblat dari Asia dan Eropa. Lemari pakaian ala Eropa biasanya lebih terlihat kokoh, elegan, sekaligus clean. Sementara lemari pakaian ala Asia jauh lebih bergaya dan fashionable. Keuntungannya, kalau gaya Eropa ya lebih long lasting karena tidak mengenal tren, sedangkan kalau Asia trennya lebih singkat.

Nah, seperti apa sih beberapa gaya yang biasa menjadi acuan ketika memilih lemari pakaian. Berikut uraiannya: 

1. Gaya klasik
Lemari pakaian bergaya klasik biasanya dibuat dari material kayu. Warna didominasi oleh warna kayu, yaitu cokelat. Warna putih pun bisa membangun kesan klasik selama menonjolkan tekstur kayu.

Pada lemari pakaian bergaya klasik, profil pintu juga biasanya memiliki handle. Ukiran-ukiran sering kali tampak pada lemari bergaya klasik. Mulai dari ukiran yang rumit hingga ukiran yang terlihat simple.

2. Gaya "country"
Berbeda dengan lemari pakaian bergaya klasik, lemari pakaian bergaya country memiliki profit yang jauh lebih simpel. Pegangan pintu yang digunakan pun juga simpel, misalnya pegangan berbentuk lurus. Secara umum, desainnya terlihat geometris atau kotak. Pada lemari bergaya ini. tekstur kayu juga terasa.

3. Gaya kontemporer
Banyak orang menyebut gaya lemari ini sebagai gaya minimalis lantaran desainnya yang lebih modern dan sering kali tak "memakan" tempat. Desain yang kerap digunakan, misalnya, lemari yang memiliki fungsi ganda seperti lemari pakaian yang didesain juga sebagai bagian dari tempat tidur. Atau, lemari pakaian yang juga berfungsi sebagai rak televisi atau meja rias.

Selain berbentuk kabinet, lemari bergaya kontemporer juga sering terlihat dalam bentuk yang built in dengan dinding atau sliding. Biasanya, lemari bergaya kontemporer tidak memiliki handling pintu sehingga memiliki tampilan yang clean. 

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon