Cara Membuat Tangga Tampil Cantik dan Memberikan Kepuasan Visual

Maman Malmsteen 17.27.00

Jendela Informasi - Ketika mendesain atau mendekorasi rumah, tangga memang sering kali terlupakan. Tangga dibangun ala kadarnya, yang penting kokoh dan kuat untuk digunakan sebagai akses naik turun pada rumah bertingkat. Padahal, karena sering digunakan, kita bisa mendesain dengan lebih spesifik sehingga tampilannya lebih keren dan bukan sekadar fungsional. Ada banyak desain tangga yang unik dan bisa menjadi inspirasi untuk rumah bergaya modern yang bisa membuat tangga di rumah semakin gaya dan memberikan kepuasan visual.

Setelah tangga di rumah sudah terbangun, apa yang harus dilakukan untuk membuat tangga tampil cantik dan memberikan kepuasan visual? Tidak perlu sampai meruntuhkan tangga dan membangunnya kembali, tetapi bisa dengan beberapa trik berikut ini yang dirangkum dari artikel di designyourway.net

Beri warna
Tampilan tangga yang dekoratif bisa terlihat dari warnanya. Jadi, tambahkanlah warna-warna sesuai dengan pilihan pada tangga yang ada di rumah. Bila ingin tampil stand out, pilihlah warna mencolok yang sangat eye catching.

Pilihan warna bisa disesuaikan dengan ruangan di mana tangga berada ataupun benar-benar hadir dengan tema sendiri. Misalnya, mengecat tangga dengan gaya pewarnaan ombre? Ya, kenapa tidak! Seperti juga gaya ombre pada rambut tangga juga bisa tampil bergaya ombre dengan warna yang gradasi dari gelap ke terang.

Motif atraktif
Melukis atau menempelkan motif bisa sangat penting untuk mengubah tampilan tangga di rumah. Ini membuat tangga tampil lebih unik dan bahkan sangat personal karena bisa dilakukan sendiri, sesuai dengan pola atau motif favorit.

Bila belum ada bayangan pola, bisa pilih motif yang umum seperti garis-garis, motif chevrons, geometrik, polkadot, dan apa saja yang membuatnya menarik serta menyenangkan. Bila akan membuat motif dengan cat, pastikan menggunakan tape mask supaya bentuknya sesuai dengan keinginan.

Keramik dekoratif
Bila ingin tampil artistik tanpa mengecat ulang tangga di rumah, cobalah mengganti atau menambahkan permukaan tangga menggunakan keramik atau ubin dekoratif. Tentunya, ini berlaku untuk tangga dengan struktur yang dibangun dengan semen.

Ubin dekoratif memang menjadi tren lagi sejak beberapa tahun yang lalu. Kita bisa memilih warna netral atau penuh warna, tampilannya pucat atau mengilap, atau kombinasi apa pun sesuai keinginan untuk tampil eklektik.

Tambahkan karpet
Bila ingin tampilan tangga yang hangat, lembut, dan mudah dalam pemeliharaannya, karpet bisa menjadi pilihan untuk mengubah tampilan tangga di rumah. Karpet juga cocok untuk rumah keluarga yang masih memiliki anak kecil.

Tangga yang ditambahkan karpet memang tidak akan licin dan bahkan memberikan efek hangat. Karpet juga tersedia dalam berbagai rnotif dan warna sehingga bisa memilih gaya sesuai keinginan. 

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon