Penyebab Gigi Berlubang Pada Gigi Anda



Gigi berlubang merupakan masalah utama yang sering dihadapi banyak kalangan, baik Anda yang masih muda, anak-anak, atau bahkan Anda yang sudah dewasa pernah mengalami gigi yang berlubang. Itulah mengapa bukan hanya anak kecil yang tidak boleh makan permen dan tidak menyikat giginya, bahkan orang dewasa yang tidak suka menyikat giginya untuk membuang sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi Anda juga harus dilakukan. Gigi berlubang menjadi masalah yang menjengkelkan , karena ada waktunya ketika gigi sama sekali tidak sakit, namun tiba-tiba saja gigi terasa nyeri dan sangat sakit sehingga menganggu semua aktivitas Anda.

Ketika Anda mengalami gigi berlubang ada banyak penyebab yang bisa mengakibatkannya, Anda harus berhati-hati pada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang mungkin Anda sering lakukan dan menyebabkan gigi Anda berlubang dengan cepat bahkan mungkin keropos. Anda harus sering memeriksakan gigi Anda kedokter untuk mengetahui apa lubang ini bisa diatasi atau dicegahj dengan beberapa cara, biasanya dokter memberikan beberapa cara yang mudah untuk diikuti oleh Anda. Dokter selalu memberikan solusi yang lebih mudah untuk pencegahan pertumbuhan lubang pada gigi Anda.

Hal utama yang harus Anda ingat adalah jangan lupa menyikat gigi secara rutin baik itu sebelum Anda perti tidur malam, mapun setelah selesai sarapan pagi. Pastikan gigi Anda dalam keadaana bersih, gosok gigi Anda menggunakan sikat gigi yang lembut, pilih sikat yang tidak akan merusak lapisan gigi dan lapisan pada gusi. Pilihlah juga pasta gigi dengan kandungan terbaik, agar ketika Anda menggosok gigi Anda memakai kandungan yang tidak akan merusak lapisan gigi dan gusi Anda, Anda bisa memilih pasta gigi pepsodent.

Dibawah ini penyebab gigi Anda berlubang:

1.      Plak Pada Gigi
Plak pada gigi terbentuk akibat makanan yang dimakan tidak diberihkan sehingga meninggalkan bekas atau bersarang menjadi sisa-sisa makanan yang menumpuk, nantinya akan ada bakteri yang menempel pada sisa makanan ini dan  bekerja bersama asam sehingga menyebabkan plak pada gigi. Plak juga tumbuh berkembang menjadi karang, yang jika dibiarkan akan menimbulkan lubang pada gigi. Ketika gigi berlubang artinya lapisan pada gigi sudah lemah, sehingga saraf pada gusi lebih cepat mengalami rasa nyeri dan mengakibatkan rasa sakit yang sangat parah.

2.      Pola Makanan
Makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat akan memebrikan kemungkinan gigi berlubang snagat tinggi. Mengapa begitu? Karena ketika Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi akan gula, ini akan mem;permudah bakteri untuk tumbuh, bakteri sanagt suka dengan bekas gula yang sudah dikonsumsi. Itulah mengapa Anda harus lebih mengurangi konsumsi gula dan juga makanan asam yang akan sangat tidak baik bagi pertumbuhan gigi Anda.

3.      Bakteri Yang Tumbuh
Ada banayk jenis bakteri, ada bakteri yang baik yang akan menjaga pertumbuhan dari gigi dan gusi, namun ada juga bakteri jahat yang lebih suka merusak gigi bahkan membuat nyeri pada gigi Anda. Salah satu bakteri diantaranya seperti bakteri lactobacilus acidophilus, biasanya bakteri ini sennag menyarang bagian halus pada gigi, itulah mengapa hasil serangannya terkadang tidak terlihat, Anda akan merasakan sakit namun akibat dari bakteri ini susah untuk dilihat, Anda harus memeriksakan ini segera sebelum terjadi perluasan lubang.

4.      Merokok
Rokok yang memiliki kandungan nikotin dan juga hasil dari tembakau memiliki fungsi yang buruk untuk gigi Anda. Nikotin akan memebrikan noda yang membekas atau kotorang yang susah hilang begitupun tembakau yang akan menganggu produksi air liur yang akan membuat gigi Anda cepat rusak.  

5.      Mulut Kering
Memakai obat kumur akan mempercepat keadaan muliut kering, apalagi obat kumur yang menggunakan alkohol. Anda yang tidak terlalu banyak minum akan mengalami mulut kering sehingga gigi Anda akan lebih cepat berlubang dan mengalami kerusakan pada giginya.

Itulah beberapa penyebab mengapa gigi berlubang Anda bisa semakin parah atau bahkan gigi yang asalnya memiliki tekstur yang bagus menjadi rusak. Anda bisa lebih mewaspadai penyebab-penyebab diatas, untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon