Rekor Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia


Jendela Informasi - Gedung pencakar langit telah menjadi karya arsitektur megah sejak beberapa tahun lalu dan jumlahnya terus bertambah. Tahun 2017, jumlahnya semakin banyak bahkan tahun itu sampai disebut sebagai tahun yang paling banyak menghasilkan gedung pencakar langit.

Pembangunan gedung pencakar langit memang bisa memakan waktu cukup lama. Namun, berdasarkan ulasan dari 2017 Tall Building Year in Review, yang merupakan laporan tahunan dari The Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), terjadi pemecahan rekor, yaitu diselesaikannya 144 bangunan yang tingginya 200 meter ke atas sepanjang tahun 2017.

Catatan yang dilansir dari artikel di situs archdaily.com menyebutkan, bangunan tertinggi yang rampung tahun 2017 adalah Ping An Finance Center yang tingginya mencapai 599 meter. Di posisi ke dua, ada bangunan Lotte World Tower yang mencapai 555 meter.

Ping An Finance Center mendapatkan predikat ke-4 gedung tertinggi di dunia. Fitur-fitur bangunannya pun inovatif. Konstruksinya terbentuk dari 1.700 ton stainless steel, yang membuat bangunan itu secara unik menghalau korosi karena Kota Shenzhen dekat dengan laut yang kandungan garamnya tinggi.

Lotte World Tower ditetapkan sebagai bangunan ke-5 yang tertinggi di dunia. Fiturnya juga mencatat rekor, salah satunya sebagai bangunan yang memiliki kolam renang tertinggi dan bangunan dengan tangga jalan tercepat di dunia.

Dari laporan CTBUH, pembangunan gedung pencakar langit juga menyebar di 69 kota di 23 negara. Peningkatannya cukup banyak dibandingkan dengan 2016, yaitu 54 kota di 18 negara. Tahun ini, yang terbanyak menyelesaikan konstruksi gedung-gedung pencakar langit adalah negara-negara di Asia.

Data 2017 memperlihatkan kelanjutan dari tren global untuk konstruksi gedung pencakar langit. Ini telah diterima sebagai model global untuk mengatasi kepadatan karena lebih dari satu juta orang di planet ini melakukan urbanisasi setiap minggu. Ada 13 negara yang memiliki gedung pencakar langit pertamanya di 2017.

Grafik laporan itu memperlihatkan, Tiongkok adalah negara yang paling banyak menghasilkan gedung pencakar langit tahun ini. Posisi berikutnya adalah Amerika Serikat, Korea Selatan, Kanada, dan Indonesia.

Kota yang terbanyak menyelesaikan konstruksi gedung pencakar langit adalah Shenzhen, dengan jumlah 12 gedung. Di posisi berikutnya adalah Nanning, Jakarta, Chengdu, dan Changsha.

Laporan itu menyebutkan, Tiongkok telah bertumbuh dan bangkit sebagai pemimpin dalam hal konstruksi bangunan pencakar langit. Negara itu telah menyelesaikan 53% bangunan baru yang tingginya lebih dari 200 meter pada 2017.

Tren lain pun terlihat dari catatan itu, yaitu tentang peruntukan bangunan. Dulu, gedung pencakar langit dimanfaatkan sebagai kantor. Sekarang, tren memperlihatkan gedung pencakar langit dikombinasikan dengan menara untuk tempat tinggal.

Tahun 2018 pun diprediksi terjadi lagi pemecahan rekor. Itu terlihat dari proses pembangunan banyak gedung pencakar langit, apalagi yang tingginya lebih dari 500 meter. Yang paling dinanti adalah Goldin Finance 117 di Tianjin yang tingginya mencapai 597 meter dan China Zun Tower di Beijing dengan tinggi 529 meter. 

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon