Tips Atasi Sulit Makan Saat Anak Sakit


Jendela Informasi - Pada umumnya bila anak sedang sakit demam, batuk, dan pilek ia jadi susah makan. Tidak sedikit orang tua, khususnya kaum ibu, yang menanyakan apakah kalau anak sedang sakit, si kecil harus tetap dipaksa makan atau bagaimana? Para ibu khawatir tubuh anaknya tambah lemah dan daya tahan tubuhnya menurun, tetapi anaknya tetap tidak mau makan karena terasa tidak nyaman di mulut dan tenggorokan. Apa yang sebaiknya harus dilakukan?

Anda tidak perlu  khawatir berlebihan karena uraian berikut ini bisa menjadi alternatif solusi untuk mengatasinya.

Anak yang sedang dalam kondisi sakit, metabolisme tubuhnya akan meningkat yang disebabkan oleh peningkatan suhu tubuh karena demam. Sementara itu bagian sel pertahanan dalam tubuh anak sendiri ibaratnya sedang berperang melawan kuman yang menyerang tubuh, dan bagian sel tubuh yang rusak karena diserang kuman akan berangsur memperbaiki diri hingga pulih.

Semua proses dalam tubuh tersebut membutuhkan energi (tenaga) yang didapatkan dari asupan makanan dan minuman. Anak sakit yang status gizinya baik serta diikuti dengan asupan nutrisi yang cukup selama sakit akan relatif lebih cepat mencapai kesembuhan. Kondisi sakit akan memengaruhi indra perasa ditambah dengan proses penyakitnya sendiri pada bagian tubuh anak seperti radang tenggorokan yang akan menimbulkan gejala nyeri saat menelan.

Pertama-tama, berikanlah makanan apa pun yang inginkan dan disukai anak, biasanya anak akan lebih nyaman bila diberikan makanan hangat berkuah. Apabila anak menolak makan, berikanlah asupan cairan yang cukup atau lebih dari biasanya, dan upayakan cairan tersebut mengandung kalori seperti susu, jus buah, atau minuman manis yang dibuat sendiri seperti teh dengan gula atau madu. Hal tersebut dimaksudkan agar anak tetap mendapatkan energi dari cairan yang diminumnya. 

Demikianlah sedikit tips untuk mengatasi anak sulit makan saat anak sakit. Semoga bermanfaat dan Anda dapat mengaplikasikannya sendiri di rumah.

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon