Yuk Ke Taman Kota, Selain Indah Banyak Manfaatnya


Jendela Informasi - Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki wilayah hutan yang sangat luas. Namun, hal itu tidak membuat Indonesia terbebas dari berbagai ancaman masalah lingkungan, terutama polusi udara. Kondisi pembangunan yang tidak merata membuat sebagian masyarakat, terutama yang tinggal di kota-kota besar, sangat membutuhkan tempat untuk menyegarkan diri di ruang terbuka hijau (taman kota).

Ruang terbuka hijau (RTH) atau taman kota memang memberi manfaat lingkungan yang besar bagi daerah perkotaan. Pepohonan yang berada di sekitar wilayah taman dapat menjaga keseimbangan ekologis dengan menjaga keanekaragaman hayati, serta berperan sebagai filter udara perkotaan yang tercemar oleh berbagai gas berbahaya. Taman kota juga dapat membantu fungsi hidrologi tanah dalam mereduksi potensi banjir, lebih efektif dan ekonomis ketimbang membangun sistem drainase berupa gorong-gorong beton atau parit. Pepohonan melalui akarnya juga mampu meresap air sehingga pasokan air bersih yang aman dikonsumsi masyarakat pun meningkat. Sederhananya, taman kota membuat daerah perkotaan lebih layak ditempati.

Beberapa tahun lalu sejumlah taman dibuat kembali asri, dihidupkan kembali dengan menjadi taman tematik. Sebut saja di antaranya Taman Pustaka Bunga yang berlokasi tak jauh dari pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat yakni Gedung Sate. Kemudian ada Taman Persib yang diisi dengan museum terbuka bertemakan Persib. Lalu Taman Cempaka yang sudah mendapat sentuhan berbeda untuk dialihfungsikan menjadi Taman Fotografi hingga Taman Jomblo yang berada di bawah Jembatan Layang Pasupati.

Tidak hanya itu, sepanjang tahun 2014 ada 10 taman tematik yang diresmikan di Kota Bandung. Taman-taman itu antara lain Taman Musik, Taman Film, Taman Buku hingga Taman Hewan Peliharaan. Taman-taman tematik tersebut dilengkapi dengan fasilitas toilet umum, akses internet gratis, dan ruang perpustakaan kecil untuk tempat membaca buku sembari ditemani angin sepoi-sepoi. Hmmm .... Anda sudah bisa membayangkan bagaimana asyiknya menghabiskan akhir pekan di taman kota!

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon