3 Fakta Unik Tentang Kereta, Ada Kereta Pemakaman Presiden Lincoln!

Siapa yang gemar berburu tiket kereta murah, unjuk tangan! Sama dong saya juga suka banget bepergian menggunakan kereta. Seru! Kereta adalah salah satu sarana transportasi favorit di Indonesia. Selain harganya yang murah, kalau kamu naik kereta pagi, kamu akan disuguhkan pemandangan selama perjalanan yang cantik banget! 

Dunia perkereta api-an punya sejarah yang seru untuk dikulik. Kereta memiliki segala macam fakta dan cerita menarikb seputar kereta api yang mungkin tidak diketahui oleh masyarakat umum. Penasaran, yaaa??? Kita simak bersama, yuk!

Pesawat Kamikaze menjadi Kereta Kamikaze


Sumber foto: https://cdn.shopify.com/s/files/1/1427/2444/files/Jap-HSR-Shinkansen-Bullet-Train_1024x1024.jpg?v=1505372188

Selama Perang Dunia II, para pilot Jepang menggunakan "kamikaze" dalam upaya untuk menenggelamkan kapal perang AS. Menggunakan pesawat mereka sebagai senjata, para pilot akan terjun langsung ke dalam kapal perang untuk menimbulkan kerusakan sebanyak mungkin.

Miki Tadanao, pencipta pesawat kamikaze, tidak menggunakan keterampilannya untuk membuat pesawat perang ketika mempertimbangkan berapa banyak tentara muda yang meninggal karena desainnya. Sebaliknya, ia ingin fokus pada proyek yang lebih damai.

Beliau menggunakan pengetahuannya tentang desain yang efisien. Tadanao membantu menciptakan generasi pertama kereta shinkansen, lebih dikenal sebagai "kereta peluru." Selama uji coba pada 30 Maret 1963, kereta mencapai kecepatan tertinggi 256 kilometer per jam (159 mph), memecahkan rekor sebelumnya 120 kilometer per jam (75 mph), dan menjadi kereta tercepat di dunia. Kereta peluru saat ini dapat mencapai kecepatan lebih dari 600 kilometer per jam (373 mph).

Civil War (Amerika Serikat)

Kereta uap memppunyai peran yang sangat penting dan banyak digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang di seluruh negeri, jelas bahwa kereta juga akan digunakan untuk mengangkut tentara dan artileri berat. Ketika Perang Sipil AS pecah pada tahun 1861, kereta api adalah berkah bagi semua orang. Mereka membantu mengirim tentara keluar masuk medan perang yang mematikan.
Selama Pertempuran Chickamauga pada September 1863, kereta api mampu mengirim 20.000 tentara Uni yang sangat dibutuhkan dalam rentang 1.900 kilometer (1.200 mil) hanya dalam 11 hari. Sayangnya, rel kereta api adalah target berharga dan penting untuk perang, yang menyebabkan segala macam sabotase dari kedua belah pihak.

Kereta Pemakaman Presiden Lincoln


Sumber foto: http://263i3m2dw9nnf6zqv39ktpr1.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2018/08/Lincoln-Funeral-Train-960x640.jpg

Berawal dari perjalanan menggunakan kereta api yang sangat tidak nyaman, akhirnya George Pullman membuat dua gerbong kereta atau mobil tidur yang sangat nyaman yaitu “Springfield” dan “Pioneer” pada tahun 1857.

Nah, pada tahun 1865, Abraham Lincoln dibunuh dan otomatis berita ini tersebar ke seluruh penjuru Amerika Serikat. Jenazah Lincoln diangkut dengan kereta yang dijuluki "Kereta Lonesome" menuju Springfield. Di sepanjang jalan, kereta itu menemukan berbagai pelayat di sepanjang rel kereta. Hal tersebut terlalu berat dan emosional untuki Ny. Lincoln. Pada saat kereta tiba di Chicago, beliau pingsan seketika.

Pullman memutuskan bahwa ia akan meminjamkan mobil tidur khususnya, Pioneer, kepada Ny. Lincoln. Dia berharap desainnya yang nyaman akan menghiburnya selama sisa perjalanan. Jurnalis pun mengetahui hal ini, dan publik dengan cepat dididik tentang desain nyaman mobil Pullman. Rasa takut kereta api yang tidak nyaman menguap, dan setiap kereta di rel menjadi mewah dan nyaman setelah itu.

Sejarahnya seru-seru, kan? Makanya, jangan nyari tiket kereta murah terus, sekali-kali baca artikel biar makin luas wawasannya. Mau naik kereta yang nyaman? #gampang!

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon