iklan space 728x90px

6 Tips Sederhana Menidurkan Bayi Kesayangan


Jendela Informasi - Sering kali para orangtua muda atau pasangan suami-istri yang baru saja dikaruniai anak kesulitan dalam menidurkan buah hati mereka. Hal ini dikarenakan bayi belum dapat membedakan siang dan malam. Mereka juga belum mengerti bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur sehingga bayi cenderung tidak mengikuti siklus tidur normal. Adakah cara sederhana menidurkan bayi?

Sementara itu, bayi yang baru lahir setidaknya memerlukan waktu tidur selama 18 jam dalam sehari. Sebaliknya, ibu juga perlu cukup tidur untuk menjaga kesehatan diri sendiri. Kondisi bayi yang susah tidur pada malam hari bisa berdampak buruk kepada kesehatan ibu maupun kesehatan bayi sendiri.

Untuk menanggulanginya, berikut beberapa cara sederhana dari alodokter.com yang dapat Anda terapkan untuk menidurkan bayi.

1. Membuat jadwal tidur dan membatasi asupan makan
Anda disarankan untuk membuat jadwal tidur bayi. Lakukan persiapan secara rutin agar bayi mengerti bahwa waktu tidur segera tiba. Persiapan itu misalnya makan malam, mandi dengan air
hangat agar tubuh lebih nyaman, pijat, memakai pakaian khusus untuk tidur, atau mendengarkan cerita. Setelah Anda terbiasa melakukan hal-hal rutin seperti ini, bayi pun lambat laun akan memahami jadwal tidumya.

Selain itu, jangan lupa memberi makan bayi sebelum jam tidur tiba. Yang perlu diingat adalah hindari memberi makan secara berlebihan. Tujuan memberi makan sebelum tidur adalah agar tidur bayi tidak terganggu oleh rasa lapar. Sebaliknya, apabila pemberian makannya berlebihan, maka justru akan membuatnya merasa tidak nyaman saat tidur.

2. Pijat singkat
Pijatan dapat membuat bayi merasa nyaman dan santai. Pijatlah bagian lengan, kaki, tangan, dan perut bayi Anda sebelum tidur. Jangan lupa, beri juga pijatan lembut pada wajahnya. Tidak perlu terlalu lama, cukup 10-15 menit saja. Anda juga bisa menggunakan minyak bayi sebagai minyak pijat.

3. Berikan pakaian yang nyaman
Bila Anda menginginkan cara menidurkan bayi yang baik, jangan lupa memberinya pakaian dari bahan yang nyaman untuk menjadikan bayi tidur lebih cepat. Sangat disarankan Anda menggunakan popok yang mudah menyerap cairan untuk mengantisipasi apabila bayi pipis. Dengan begitu, sepanjang tidur pun bayi akan tetap tenang dan tidumya tidak terganggu.

4. Bawa bayi ke tempat tidur dan pastikan posisi tidur bayi aman
Perhatikan tanda-tanda bayi mengantuk, seperti menguap, menggosok-gosok mata, dan mata berat. Meski bayi masih terjaga, tetapi sudah ada tanda-tanda mengantuk, segeralah bawa dia ke tempat tidur. Biarkan bayi menenangkan dirinya sendiri sampai benar-benar tertidur. Yang perlu diingat, jangan lama-lama berkontak mata dengannya karena akan membuatnya terstimulasi untuk berinteraksi lagi dengan Anda.

Posisikan bayi tidur dengan punggung berada di kasur. Posisi ini adalah yang teraman. Hindari bayi tidur tengkurap atau bertopang pada perut karena bisa terkena sindrom kematian mendadak. Setelah itu usap-usaplah kepala atau anggota tubuhnya yang lain agar bayi tahu bahwa Anda berada di dekatnya sehingga dia lebih tenang.

5. Perhatikan penerangan kamar
Usahakan untuk selalu membuat kamar dalam keadaan redup. Cahaya dapat berdampak kepada irama sirkadian tubuh, yaitu siklus kita untuk tidur dan bangun secara alami. Kamar yang gelap juga berpengaruh terhadap produksi melatonin, yaitu hormon yang bertugas membantu siklus tidur.

6. Hindari mengayun bayi jika bayi sudah berusia empat bulan
Hindari menidurkannya dengan cara mengayun. Saat dia terlihat mengantuk, baringkan dia ke tempat tidur. Cara menidurkan bayi yang utama adalah menciptakan rutinitas yang sama di tiap malam. Dengan demikian, bayi akan lebih mudah tidur, Anda pun bisa cukup istirahat. Bila Anda disiplin menerapkannya, bayi pun lambat laun akan memahami bahwa malam hari adalah waktunya untuk tidur. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "6 Tips Sederhana Menidurkan Bayi Kesayangan"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News