Cara Membuat Pepes Ikan Mas yang Lezatnya Nendang di Lidah


Jendela Informasi - Aroma daun pisang yang wangi, bumbu yang gurih, tulang dan duri yang menjadi lunak. Semua kenikmatan itu bisa didapat dari olahan makanan pepes. Tak lagi sekadar sajian saat makan di rumah makan khas Sunda, pepes pun bisa menjadi oleh-oleh yang tahan lama.

Salah satu masakan khas dari tanah Sunda yang banyak digemari adalah olahan pepes. Bukan hanya digemari warga tatar Pasundan, tapi banyak wisatawan yang mengaku tertarik untuk mencoba merasakan aneka pepes. Di sini banyak bahan yang dapat dijadikan pepes. Ada pepes ayam, pepes ikan mas, pepes tahu, pepes peda, dan banyak lainnya.

Olahan makanan pepes memang digemari karena bumbunya yang berlimpah yang dimasukkan ke dalam bungkusan daun pisang. Dengan proses masak menggunakan langseng atau kukusan selama berjam-jam, bumbu itu pun meresap sampai ke dalam daging ayam, ikan, dan lainnya.

Proses makan yang sangat lama itu juga membuat tulang ataupun duri di dalam daging menjadi sangat lunak. Dengan sepiring nasi hangat, pepes sangat nikmat dilahap sampai ke dalamnya tanpa ada yang tersisa.

Saat ini berbagai olahan pepes tidak lagi hanya bisa dicari di desa-desa di Jawa Barat. Dengan maraknya rumah makan Sunda di kota-kota besar yang dikemas modern, pepes itu sudah mewarnai menu pilihan di berbagai rumah makan.

Cara Membuat Pepes Ikan Mas
Membuat makanan pepes-pepesan memang harus memiliki persiapan khusus. Ada banyak bumbu yang digunakan dan ada beberapa proses yang harus dilakukan. Namun, tak usah bingung karena Jendela Informasi akan membagikan apa saja bahan-bahan dan prosesnya. Mari mencoba resep pepes ikan mas ini!

Bahan-bahan:
Ikan emas segar
Daun pisang 
Jerak nipis

Bahan (bumbu yang dihaluskan):
Bawang merah 
Bawang putih 
Kemiri
Kunyit 
Laos
Jahe
Gula merah 
Gula putih 
Garam
Penyedap rasa 
Sereh
Daun salam

Cara membuat:
  1. Bersihkan ikan segar, buang sisik, insang, dan kotorannya.
  2. Cuci bersih lalu berikan perasan jeruk nipis. Sisihkan.
  3. Haluskan semua bahan bumbu. 
  4. Siapkan daun pisang yang sudah bersih, taruh ikan yang sudah dilumuri dengan bumbu yang sudah dihaluskan.
  5. Bungkus dan masukkan dalam langseng yang airnya sudah mendidih.
  6. Kukus kurang lebih dari 8 jam sampai pepes matang.
  7. Angkat dan tiriskan.
  8. Untuk disimpan dalam jangka waktu lama, kemas pepes dalam plastik yang divakum dan simpan dalam freezer. 


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon