Ini Dia Bagaimana Kawah Chicxulub Terbentuk


Jendela informasi - Sebuah objek seluas 12 km persegi membuat lubang di kerak bumi dengan kedalaman 30 km. Mangkuk besar ini kemudian meledak, menyisakan kawah dengan diameter sepanjang 200 km dan kedalaman beberapa kilometer. Inti kawah kemudian muncul kembali lalu meledak lagi, sehingga membentuk cincin dalam (inner ring).

Itulah yang dijelaskan saintis tentang pembentukan Chicxulub Crater di bawah Semenanjung Yucatan, Meksiko. Menjelajahi inner ring paling baik diakses dari lepas pantai. 

Sebagian besar kawah terkubur di bawah pantai, sekitar 600 meter oleh sedimen. Hanya sedikit sisa kawah yang tetap tertinggal di daratan. Bagian tersebut tertutup batu gamping.

Laman BBC Science merilis artikel mengenai pembentukan kawah bersejarah bagi peradaban makhluk hidup di muka bumi ini. Memang sulit dibayangkan, miliaran ton batu meleleh seperti cairan. Tapi itulah yang terjadi saat asteroid menabrak bumi, 66 juta tahun lalu.

Para saintis kini dapat memberi gambaran detail saat tumbukan dahsyat itu terjadi. Ingatlah, kejadian ini sangat kolosal dan membunuh jenis dinosaurus.

Sebuah analisis batuan yang digali pada 2016 dari sisa batuan kawah menunjukkan proses fluidisasi. Bahan sampel yang diambil itu mulai berlaku seolah-olah sebuah substansi cairan.

Suatu model memperkirakan apa yang akan terjadi jika objek batuan seluas 12 km menabrak bumi. Ya, tumbukan itu akan membuat jejak kawah. Lalu ketidakseimbangan terjadi di perut bumi. Ada sebagian permukaan yang melonjak tinggi sekali, lalu meledak. Saat semua usai, kawah tercipta dengan kedalaman beberapa kilometer. Saintis menyebut pemodelan ini sebagai model kehancuran dinamis formasi kawah.

Bukti dari pemodelan ini ada pada sampel batuan dari puncak inner ring. Profesor Ulrich Riller dari Universitas Hamburg Jerman, menjelaskan bahwa mereka menemukan di situs penggalian bongkahan batu yang terfragmen.

Batuan itu dihancurkan hingga seukuran milimeter dan pada dasarnya menyebabkan perilaku seperti cairan yang dihasilkan di dasar lantai kawah. Jenis batuan ini juga jadi ciri khas Chicxulub seperti juga yang terlihat di batuan bulan.

Namun, pemahaman batuan yang meleleh adalah salah. Justru, batuan itu terbentuk karena dihancurkan oleh kekuatan getaran yang besar sekali. Hal itu dikatakan oleh Profesor Sean Gulick, wakil ketua tim penggalian dari Universitas Texas, AS.

Itu adalah efek tekanan, kehancuran mekanis. Jumlah energi yang bergerak melalui batuan ini sama dengan kekuatan magnitude 10-11 skala gempa, estimasi untuk seluruh dentuman itu sekitar 10 miliar kalinya bom atom yang jatuh di Hiroshima.

Namun, batuan dapat mengembalikan kekerasannya. Terbukti dengan membentuk ceruk kawah. Kembalinya kekerasan batuan ini, dibuk tikan pada sampel batuan yang berhasil digali.

Pengetahuan atas penelitian ini dapat membantu saintis mempelajari dampak bentukan kawah di tubuh planet lainnya. Hal itu juga akan menjelaskan proses dasar yang bisa timbul di bagian batuan mana pun.

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon