Resep Es Shanghai yang Manis, Dingin dan Menyegarkan


Jendela Informasi - Mengonsumsi soto sebagai makanan utama memang gurih dan menyegarkan. Akan tetapi, sebelum dan sesudahnya, acara bersantap makan juga kerap kali harus divariasikan dengan berbagai kuliner lain.

Menikmati gurihnya soto yang mengandung banyak daging lezat harus diimbangi dengan minuman yang juga tidak kalah nikmat. Minuman pun bukan sekadar penghilang rasa haus, tetapi menjadi sajian yang menyegarkan dan membuat kita tidak berhenti menyeruputnya.

Salah satu minuman olahan yang khas adalah es shanghai. Es shanghai adalah minuman yang sangat menggoda dari segi tampilan dan rasa. Warna merah dari siraman sirupnya betul-betul mengundang. Saat menyendokkan es serut yang sudah disiram sirup itu, tenggorokan terasa segar sekali. Slurp!

Bahan-bahan untuk membuat es shanghai termasuk sederhana dan proses pembuatannya pun mudah, seperti resep es shanghai berikut ini yang akan dibagikan untuk Anda. Anda pun masih bisa mengkreasikannya lagi seperti menambah isian sesuai dengan selera. Mari mencoba!

Bahan:
  • cingcau hitam
  • buah nanas
  • daging kelapa muda
  • kolang-kaling
  • sirup
  • susu kental manis
  • buah leci/kacang/kismis/wafer
  • es balok
Bahan bisa ditambahkan sesuai selera, seperti nangka, tape, dan cendol untuk isian, serta kacang, kismis, dan wafer untuk topping.

Cara pembuatan:
  1. Potong cingcau dan nanas berbentuk dadu atau memanjang sesuai selera. 
  2. Masukkan potongan cingcau, nanas, kelapa muda, dan kolang-kaling ke mangkuk saji.
  3. Serut es balok sampai membentuk kerucut seperti gunung.
  4. Siramkan sirup dan susu kental manis.
  5. Tambahkan topping buah leci di puncak kerucut.
  6. Sajikan dan nikmati langsung sebelum es mencair. 

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »