Tips Tampil Cantik dengan Riasan Natural untuk Kulit Gelap


Jendela Informasi - Lupakan segala stereotip yang dilahirkan iklan-iklan komersial bahwa cantik itu hanya milik orang berkulit putih. Semua orang bisa tampil cantik dan bersinar. Tak terkecuali pemilik kulit sawo matang dan gelap.

Selama ini, banyak pemilik kulit sawo matang hingga cokelat merasa tak percaya diri dengan warna kulit yang dimiliki. Alhasil, ketika mengenakan make up, wajah seolah-olah dibuat jauh lebih putih. Mengapa tak memilih nyaman untuk kemudian memancarkan kecantikan dengan warna kulit yang dimiliki?

Daripada mengoleskan alat-alat kosmetik dengan kandungan yang berbahaya untuk membuat warna kulit menjadi lebih putih, mengapa tidak mencermati tips make up yang cocok untuk pemilik tan skin? 

Kali ini Jendela Informasi akan memberikan tutorial dan tips make up natural yang bisa diaplikasikan untuk pemilik tan skin. Berikut ulasannya.

1. Foundation
Pengaplikasian primer atau base bisa dilakukan untuk riasan yang lebih tahan lama. Akan tetapi, jika merasa tak memerlukannya, bisa langsung mengaplikasikan foundation. Ratakan tipis dengan menggunakan beaury blender.

Untuk warna foundation, pilih yang sesuai dengan warna kulit. Tidak perlu memilih warna foundation yang lebih cerah, karena akan membuat hasil akhir riasan menjadi lebih putih dari kulit asli, sehingga akan tampak belang dengan bagian tubuh lain. Jangan takut terlihat kusam!

2. Highlighter
Untuk mencerahkan kulit, aplikasikan highlighter. Aplikasi highlighter ini adalah kunci untuk menjauhkan riasan dari tampilan kusam. Aplikasikan di bagian bawah mata, T zone, dagu dan bagian atas bibir.

3. Bedak tabur dan compact powder
Bagaimana dengan pemilihan warna bedak tabur? Sebaiknya warna yang dipilih memiliki warna gelap atau transparan. Terutama transparan, riasan tidak akan mengubah warna kulit yang sebenarnya. Pemilihan warna kuning langsat dan beige untuk pemilik tan skin justru akan salah, karena membuat hasil akhir menjadi belang. Lebih baik warna deep atau colour less. Kalau mau beige, medium beige masih memungkinkan. Setelah meratakan bedak tabur dengan kuas, saatnya memulas compact powder tipis agar hasil riasan lebih tahan lama.

4. Kontur wajah
Contouring atau kontur wajah efektif menonjolkan bagian-bagian wajah, sehingga terlihat ideal. Untuk pemilik tan skin, bisa memilih warna cokelat tua. Aplikasikan di tulang pipi dan hidung.

5. Pensil alis
Gunakan pensil alis berwarna cokelat tua (dark brown) untuk hasil yang lebih natural. Pemilihan pensil alis dengan warna hitam hanya akan membuat wajah menjadi lebih galak. Agar hasil akhir natural, teknik pemulasan pensil alis adalah dengan cara mengarsir sedikit demi sedikit mengikuti arah alami pertumbuhan alis. Di bagian akhir, tambahkan maskara eyebrow. Jika menggunakan pensil alis, pilih yang tajam agar lebih detail ketika mengarsirnya. Sesuaikan gambar alis dengan bentuk wajah.

6. Eyeshadow
Gunakan eyeshadow bernuansa cream. Jika tidak memilikinya, bisa diganti dengan lipstik berwarna natural seperti cokelat nude. Penggunaan lipstik di bagian kelopak mata juga bisa membuat tekstur menjadi lebih segar dan creamy.

7. Compact eyeshadow
Setelah mengaplikasikan lipstick cokelat nude, sempurnakan dengan compact eyeshadow agar lebih pigmented. Dengan begitu, pengaplikasikan compact eyeshadow juga bisa lebih cepat, karena eyeshadow yang digunakan lebih sedikit.
Tinggal dibaur, kelopak mata sudah menampilkan tampilan yang segar. Warna yang dipilih bisa cokelat tua. Oh ya, jika ingin tampil lebih "wah", bisa tambahkan sedikit glitter.

8. Eyeliner di bagian mata
Tujuannya agar mata terlihat lebih cerah. Warna yang dipilih ada nude, dan diaplikasikan di garis waterliner. Jika ingin tampil natural, eyeliner bisa diaplikasikan tipis di bagian atas mata. Gaya yang lain juga bisa diaplikasikan sesuai kebutuhan.

9. Maskara
Penggunaan maskara bisa dilakukan untuk membuat mata lebih indah. Jika bulu mata tidak terlalu lebat, penggunaan bulu mata palsu bisa dilakukan.

10. Bronzer dan highlight
Untuk pemilik tan skin, hindari penggunaan blush on pink atau coral. Cukup pilih nuansa bronze.

11. Lipstik
Untuk lipstik, warna yang bisa dipilih lebih leluasa. Akan tetapi, akan tampak lebih sempurna kalau warna yang dipilih senada dengan nuansa riasan. 


Tips Kunci Tampil Cantik
Pemilik tan skin juga bisa tampil cantik dan memukai, lewat riasan wajah yang tepat. Tak perlu lagi takut kulit terlihat kusam atau belang karena warna wajah yang berbeda dengan tangan dan leher.

Berikut adalah tips kunci tampil cantik untuk pemilik tan skin:
  • Eksplorasi warna kulitmu. Jangan mau untuk mengubah warna kulit menjadi lebih putih. Kalau itu dilakukan, seperti tidak menjadi diri sendiri.
  • Agar pemilik tan skin bisa tampil cantik dan memukau, kenali yang sebaiknya dilakukan dan sebaiknya tidak dilakukan pada wajah. Pemilihan warna dan nuansa riasan akan sangat berpengaruh.
  • Ketika sudah melakukan apa yang seharusnya dilakukan, percaya dirilah! [Maman Soleman/Endah Asih/PRM/24062018]


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon