Mau Berat Badan Terjaga Saat Lebaran? Perhatikan Beberapa Tips Makan Berikut Ini

Maman Malmsteen 13.33.00
Puasa merupakan salah satu momen yang tepat untuk melakukan diet sehat. Selain menjalankan ibadah, puasa juga bisa membantu menurunkan berat badan Anda karena konsumsi makanan yang dibatasi sepanjang hari. Tapi, sayangnya kebanyakan orang gagal menjaga berat badannya setelah puasa karena mengubah pola makannya secara drastis pada saat lebaran. Mau berat badan Anda tetap terjaga saat lebaran? Inilah dia beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

Batasi jenis makanan tertentu
Pada saat lebaran, biasanya makanan yang dikonsumsi adalah makanan bersantan. Anda perlu membatasi makanan yang bersantan apabila ingin menjaga diet sehat yang telah dilakukan selama puasa. Sebab, makanan bersantan mengandung lemak jenuh yang berpotensi menghadirkan kolestrol di tubuh. Selain itu, batasi juga makanan atau minuman yang manis karena dapat meningkatkan berat badan dengan cepat.

Jangan makan berlebihan
Salah satu kebiasaan yang seringkali dilakukan banyak orang saat lebaran adalah makan berlebihan. Ini disebabkan selama berpuasa kita ditahan untuk mengonsumsi makanan pada siang hari sehingga membuat kita jadi “lapar mata” dan ingin melahap semua makanan yang ada didepan mata. 

Jika ingin program diet sehat yang telah Anda lakukan selama puasa bekerja, sebaiknya janganlah makan secara berlebihan saat lebaran tiba. Berhentilah makan sebelum merasa kenyang dan minumlah banyak air mineral untuk mencegah rasa “lapar palsu” yang seringkali terjadi. Sehingga, berat badan Anda tidak akan melonjak cepat saat lebaran dan menggagalkan program diet sehat yang telah dilakukan selama berpuasa.

Konsumsi lebih banyak sayuran
Meskipun lebaran sangat identik dengan makanan bersantan, namun bukan berarti Anda tidak bisa menyajikan sayuran sama sekali. Anda bisa mengisi kuah santan dari opor saat lebaran dengan sayuran yang lebih banyak. Sebab, sayuran bisa membuat Anda merasa kenyang tanpa perlu membuat berat badan meningkat. Sehingga, program diet sehat saat berpuasa sebulan penuh tetap terjaga dan Anda pun bisa tetap menikmati menu khas saat lebaran.

Itulah 3 tips yang bisa Anda ikuti untuk menjaga program diet saat lebaran. Sulit menentukan menu makanan yang mendukung program diet Anda? Tidak ada salahnya untuk memesan makanan melalui catering online Jakarta. Karena, catering online Jakarta seperti Gorry Gourmet akan menyajikan menu yang tepat untuk program diet Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir dengan menu makanan yang dikonsumsi karena telah sesuai dengan program diet yang tengah dijalankan.

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »