Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Gadai BPKB Mobil Jakarta Timur


Kondisi pandemi virus Corona yang menimpa dunia hampir setahun ini menyebabkan gejolak ekonomi yang terasa begitu nyata. Salah satu diantaranya adalah semakin meningkatnya jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. Banyak masyarakat yang mengalami krisis keuangan dalam keluarga, sehingga kemudian memutuskan untuk gadai BPKB mobil Jakarta Timur (https://produk.bfi.co.id/jaminan-bpkb-mobil) . Produk kredit keuangan semacam ini banyak dijadikan sebagai pilihan, karena memang plafon pinjaman yang ditawarkan juga cukup besar, menyesuaikan dengan kisaran harga kendaraan tersebut. 

Produk keuangan semacam ini bisa dijadikan sebagai pilihan Anda, apalagi di Indonesia juga cukup banyak perusahaan pembiayaan yang mengeluarkannya. Mulai diantaranya adalah bank sampai dengan lembaga keuangan non bank juga tersedia. Namun sebagaimana yang diketahui bahwa pinjaman dengan jenis gadai semacam ini memiliki beragam konsekuensi, seperti diantaranya jaminan atau barang gadai bisa saja disita oleh lembaga pembiayaan atau bank tersebut. Jika seandainya tak mampu untuk melunasi hutang yang diambil. 

Salah memilih lembaga pembiayaan juga memiliki konsekuensi yang begitu besar, layaknya nilai bunga pinjaman yang cukup tinggi, bahkan berkali-kali lipat dibandingkan dengan jumlah uang pinjaman yang didapatkan. Namun berikut ini diantaranya beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan kredit ini, yaitu: 

1. Lembaga gadai, pertimbangan pertama adalah lembaga gadai tersebut, karena tidak semuanya menjamin keamanan. Faktanya sekarang ini ada banyak sekali lembaga gadai ilegal yang bertebaran di Indonesia, dari segi keamanannya sendiri juga tidak menjamin. Karena belum terdaftar di dalam OJK dan belum diawasi. Untuk itu maka pastikan memperhatikan legalitas perusahaan tersebut terlebih dahulu.

2. Jumlah yang ingin dipinjam, plafon pinjaman yang ditawarkan saat Anda melakukan gadai BPKB cukup besar karena bisa sampai ratusan juta rupiah, menyesuaikan dengan kondisi dari kendaraan itu sendiri. Namun akan lebih baik meminjam uang hanya dalam jumlah yang sesuai kebutuhan saja, jangan berlebihan atau nantinya akan memberatkan dalam pengembalian hutang tersebut.

3. Nilai suku bunga, bunga pinjaman yang ditawarkan oleh masing-masing lembaga pembiayaan relatif berbeda, namun biasanya bank sendiri menawarkan bunga yang relatif kecil dibandingkan dengan lembaga pembiayaan yang lainnya. Pertimbangan nilai suku bunga ini berhubungan dengan pembayaran atau pelunasan hutang Anda kedepannya. Dimana pastinya semakin besar suku bunga yang dikeluarkan, maka jadi semakin bear juga biaya yang harus ditanggung.

4. Biaya-biaya lain, faktanya selain suku bunga, maka masih ada beban biaya lain yang harus dibayarkan. Diantaranya adalah biaya administrasi, provisi sampai dengan denda jika seandainya telat dalam membayar atau melunasi hutang tersebut. Jadi hal ini juga harus mendapatkan perhatian Anda jadi tak akan menyesal.

5. Tenor, jangka waktu pelunasan pinjaman ini termasuk komponen yang sangat penting, apalagi jika seandainya jumlah hutang Anda cukup besar, tentunya memilih tenor yang pendek bukan pilihan terbaik, karena pastinya nilai cicilan yang harus dibayarkan nantinya semakin besar. Untuk itu harus disesuaikan dengan kondisi keuangan atau income bulanan juga.

Pilihan gadai BPKB mobil Jakarta Timur ini sangatlah banyak. Namun semuanya memiliki ketentuan yang berbeda-beda, satu yang pasti adalah hendaknya lembaga keuangan sudah memenuhi standard keamanan, sudah legal sehingga kelak terjadi masalah maka Anda bisa melaporkannya kepada pihak yang berwajib. Mengingat sekarang ini rentan sekali tindak kejahatan seperti penipuan dengan kedok semacam ini, jadi harus berhati-hati.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.