Jenis Kerusakan Lampu LED dan Cara Memperbaikinya


Setelah pada Artikel lampu LED indotrading sebelumnya membahas keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan lampu LED serta tips bagaimana memilih lampu LED agar lebih tahan lama. Selanjutnya akan membahas tentang tips-tips untuk memperbaiki lampu LED yang mengalami kerusakan. 

Cara kerja lampu LED sendiri hampir mirip dengan diode dengan 2 kutub positif dan negative, serta memiliki chip semikonduktor yang menimbulkan junction negative dan positif dalam menghasilkan kelistrikan. Lampu ini juga dikelompokkan dalam transduser yang memiliki peran mengubah energy listrik menjadi energy cahaya. 

Ada 6 gejala yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada lampu LED yakni, terjadinya ledakan pada Elko kemudian lampu mati, lampu mati tanpa gejala apapun, dan lampu LED emergensi tidak mengisi dengan normal, baterai lampu LED soak, MCB turun saat lampu dinyalakan, serta satu bagian LED mati. Jika terjadi gejala-gejala tersebut jangan langsung membuang lampunya karena lampu tersebut masih bisa diperbaiki. Berikut adalah langkah untuk memperbaiki lampu LED yang mati yakni: 

  • Menyiapkan peralatan seperti Avometer, Multitester, elemen solder serta pinset
  • Membuka wadah lampu dengan cara memutarnya
  • Melakukan tes pada micro LED dengan menggunakan Avometer multitester, kemudian tandai bagian micro yang tidak menyala
  • Melepaskan komponen luarnya dan meletakkan pada elemen solder dengan posisi micro LED
  • Melepas micro LED yang tidak menyala dengan menggunakan pinset
  • Kemudian menyatukan kutub positif dan negatifnya menggunakan solder
  • Mengembalikan komponen luarnya pada bodi lampu maka lampupun akan kembali menyala

Untuk mengecek kondisi micro LED juga dapat dilakukan dengan mata telanjang tanpa bantuan multitester, yakni jika terdapat bercak hitam di bagian dalamnya yang menandakan micro LED tersebut putus. Jika satu saja dari bagian tersebut putus maka keseluruhan komponen tidak akan dapat bekerja. 

Demikian adalah cara memperbaiki lampu LED yang mengalami kerusakan, informasi-informasi lainnya dapat diperoleh di News indotrading, banyak informasi disajikan diantaranya yang berhubungan dengan dunia bisnis seperti digital marketing, sosok inspiratif, bahkan tips-tips berguna yang dapat anda temukan. 

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »