Mau Beli Mobil Murah Bekas, Ikuti Tips Ini Agar Tidak Tertipu!

Maman Malmsteen 11.47.00


Mobil merupakan kendaraan yang diperlukan sebagian orang, apalagi untuk orang-orang yang beraktivitas jauh jaraknya dari rumah. Tidak cuma itu, mobil pun dapat menjadi keperluan utama yang menunjang usaha atau keluarga di kehidupan setiap hari. Mobil memang bukanlah satu-satunya kendaraan, masih terdapat angkutan umum dan motor, namun dari segi kenyamanannya mobil jelas lebih unggul.

Membeli mobil ternyata bukan sesuatu hal yang gampang. Terlebih harga mobil baru memang relatif mahal. Membeli mobil bekas di tempat jual beli mobil bekas Jakarta Timur menjadi alternatif dan solusi bagi Anda yang ingin mempunyai mobil yang lebih murahi.


Membeli mobil bekas kini tidak perlu lagi berkeliling ke showroom-showroom kendaraan bekas. Karena sekarang Anda dapat mencari mobil bekas lewat situs-situs seperti situs jual beli mobil murah bekas Jakarta. Terlebih beberapa situs jual beli kendaraan bekas itu menyajikan informasi yang cukup lengkap.

Mobil bekas yang ditawarkan di pasaran harganya pun relatif bervariasi, mulai dari puluhan juta rupiah sampai ratusan juta rupiah. Namun, ketika membeli mobil bekas konsumen pun mesti benar-benar cermat memperhatikan seluruh aspeknya. Jangan cuma terperdaya dengan kondisi bodi mobil yang nampak bagus namun mesinnya atau keadaan kaki-kakinya kurang baik. Berikut ini 5 tips yang dapat dilakukan supaya mendapatkan mobil bekas yang berkualitas.

1. Pilih showroom besar

Saat akan membeli mobil bekas hendaknya mencari showroom yang besar. Umumnya showroom yang besar menyediakan unit mobil bekas lebih banyak sehingga konsumen dapat memilih jenis mobil yang diharapkannya.

Calon pembeli pun mesti cerewet untuk bertanya. Semakin banyak bertanya, maka akan mengetahui kondisi kendaraan yang akan dipinang. Untuk alternatif, janganlah cuma mengunjungi satu showroom saja.

2. Bawa ahli

Memeriksa kondisi mobil bekas memerlukan kecermatan. Hal ini lantaran ada banyak bagian yang mesti dicek guna memastikan kondisinya masih sehat dan laik pakai. Untuk yang mengerti dengan mobil, barangkali pemeriksaan bukanlah hal yang sulit.

Namun untuk pembeli pemula atau yang baru pertama kalinya membeli kendaraan roda empat, hal ini merupakan suatu yang rumit. Maka dari itu dianjurkan supaya pembeli pun membawa seorang ahli atau mekanik yang mengerti dengan mobil. Bisa pula mengajak orang yang paham mesin, kemudian dilakukan pemeriksaan. Atau sekalian dibawa langsung ke bengkel resmi seperti Bengkel Auto2000.

3. Coba kendarai atau lakukan test drive

Mengenali kondisi mobil bekas tak dapat cuma dari melihatnya dari bagian luar saja, namun dapat pula dengan mengendarainya langsung. Oleh sebab itu, calon pembeli dapat mengetahui bagaimana kondisi dan kenyamanan mobil sepenuhnya.

Mulai dari bagian kemudinya, kaki-kakinya, pengereman, kopling, keadaan mesin dan bagian yang lainnya yang tidak dapat diketahui cuma dengan melihatnya saja. Lakukanlah test drive langsung untuk mengenali kondisi mobil ketika digunakan, bagaimana ketika dikendarai, kaki-kakinya dan lain sebagainya.

4. Sejarah perawatannya

Ketika membeli mobil bekas konsumen pun jangan cuma tertuju pada jarak tempuhnya saja, namun pula perlu melakukan pemeriksaan sejarah perawatannya.

Jarak tempuh kendaraan bukanlah hal yang demikian berdampak pada kondisinya. Yang paling penting ialah bagaimana mobil itu dirawat selama dipergunakan oleh pemilik lama. Semakin baik perawatannya maka akan semakin baik pula kondisi mobilnya.

5. Kelengkapan surat-surat kendaraan

Pembeli mobil bekas pun wajib untuk mengadakan pengecekan pada surat-surat kendaraannya seperti BPKB, STNK, dan surat pendukung yang lainnya bila ada. Jika perlu, calon pembeli dapat melakukan pemeriksaan keabsahan surat-surat itu secara online untuk memastikan kalau surat-surat kendaraan tersebut tidak bermasalah.

Nah, itulah 5 tips mendapatkan mobil bekas berkualitas yang aman tanpa perlu cemas tertipu. Dengan mengaplikasikan 5 tips di atas, Anda bisa memiliki mobil bekas yang paling Anda ingini dan tidak kena tipu.


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon