Tips Ikut Lelang Online di Marketplace Lelang Online Agar Tidak Tertipu


Membeli dan mendapatkan barang atau produk dari ajang lelang benar-benar menarik. Jika umumnya proses lelang diselenggarakan dengan cara mempertemukan langsung antara pelelang atau seller dan calon pembeli, saat ini lelang pun dapat dilakukan dengan cara online atau online auctions. Barangn atau produknya juga beragam. Mulai dari produk elektronik sampai kendaraan bermotor, malahan rumah.  

Pada intinya lelang merupakan proses jual beli, baik produk maupun jasa, dengan cara melakukan suatu penawaran tertinggi. Umumnya harga produk dibuka dengan harga yang amat murah dan selanjutnya para calon pembeli menawarkan harga dengan nilai yang lebih tinggi. Nah, penawar dengan harga paling tinggi, maka dialah yang akan berhak memiliki produk yang dilelang itu.

Lelang online atau dikenal juga dengan live auctions menawarkan beberapa kemudahan, baik untuk para pelelang ataupun para calon pembeli yang biasanya seorang collector. Untuk pelelang ini merupakan peluang untuk memperoleh harga terbaik dari barangnya yang akan dilelang dengan pembeli lebih banyak. Sedangkan untuk pembeli bisa memeriksa barang secara rinci tanpa mesti ribet datang ke tempat lelang. Lelang online pun amat mempermudah pembeli sebab tidak mesti buang-buang waktu bertatap muka dan saling berlomba menetapkan harga di tengah suasana yang terkadang dapat memanas.

Lantas, apakah orisinalitas dan kondisi barang lelang online ini dapat dipercaya? Ya, tentu saja, namun dengan catatan bahwa lelang online tersebut mesti melalui akun dan situs lelang atau marketplace lelang online yang resmi. Itu disebabkan balai lelang atau situs lelang resmi tentunya akan memeriksa terlebih dulu keadaan produk atau barang-barang yang akan dijual secara lelang.

Akan tetapi, walau lebih mudah dan praktis, lelang online mempunyai sejumlah risiko yang mesti dicermati. Jika pada lelang jadul kita dapat melihat dan mengetahui langsung keadaan dari produk atau barang yang dilelang, maka pada lelang online kita cuma dapat melihatnya dalam wujud foto di internet. Bukannya mendapatkan barang murah dengan mudah, mungkin justru kita malah tertipu. 

Nah, supaya tidak terjadi berbagai hal yang tidak diharapkan, sebaiknya simak terlebih dahulu hal-hal berikut sebelum Anda mengikuti lelang online. 

Pilih Balai Lelang atau Marketplace Lelang Online Resmi

Ramainya akun, website, dan aplikasi lelang online terkadang menjadikan beberapa orang semakin bingung untuk memastikan mana pilihan yang paling baik. Untuk menentukan tetap aman, pilihlah akun atau situs balai lelang yang resmi yang dikelola secara profesional. Jangan gampang tergoda dengan beragam akun atau aplikasi yang mengaku-aaku balai lelang dengan memberikan beragam iming-iming menarik. Telusuri terlebih dahulu mana yang telah terpercaya dan memiliki reputasi baik. 

Waspada Jika Harus Kirim Uang

Banyak modus penipuan lelang online yang mewajibkan calon pembeli untuk mengirimkan sejumlah uang selaku jaminan atau sebagai salah satu persyaratan untuk bisa ikut serta dalam lelang. Padahal dalam aturan pelelangan tidak ada yang namanya mesti mentransfer sejumlah uang. Jika ini terjadi, maka bisa dipastikan kalau ini merupakan akun atau marketplace lelang online palsu.  

Harganya Wajar

Semurah-murahnya produk atau barang yang akan dilelang, tentu saja tetap terdapat batasan rasio yang menentukan berapa jumlah harga produk atau barang yang ditawarkan. Janganlah tergoda dengan harga yang amat murah yang ditawarkan di lelang online. 

Okebid adalah marketplace lelang online yang aman dan terpercaya di Indonesia. Bila Anda selama ini jualan online di olshop sebagai Tokopedia seller, Bukalapak seller, Lazada seller atau Shopee seller, ada baiknya barang-barang atau produk Anda pun, terutama barang-barang unik dilelang online saja di okebid.  Anda akan mendapatkan pengalaman bertransaksi online yang unik dan lebih menyenangkan.


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon