Resep Nasi Kebuli yang Lezat dengan Bumbu Nasi Kebuli dari Cairo Food

Maman Malmsteen 02.43.00


Nasi kebuli merupakan kuliner tradisional yang melegenda bagi masyarakat Betawi. Apa saja acaranya, entah pernikahan atapun perayaan keagamaan, nasi kebuli selalu menjadi menu wajib yang harus tersedia.

Nasi kebuli melahirkan cita rasa sensasional di lidah saat disajikan hangat. Gurih dan pedas berbaur tepat di lidah komplet dengan kenyalnya daging kambing sebagai taburan utamanya.

Dimasak dengan minyak samin, nasi kebuli hadir dengan aroma rempah yang mengagumkan harumnya. Maklum, kuliner ini ditanak dengan bumbu yang mengandung belasan rempah utama seperti bawang merah, bawang putih, santan, daun salam, daun jeruk, serai, kapulaga, bunga pekak, biji pala, biji cengkih, kayu manis dan tidak ketinggalan susu serta kaldu kambing.

Jadi tidak heran, dengan tekstur berminyak, nasi kebuli yang bercita rasa Timur Tengah ini amat disukai para penyuka kuliner khas Betawi. Berbagai kedai nasi kebuli pun menjamur di Jakarta dan kota besar lainnya.

Sekarang tidak perlu jauh-jauh untuk mencicipi nasi kebuli. Di rumah pun Anda dapat berkreasi membuat nasi kebuli yang lezat dengan bumbu nasi kebuli dari Cairo Food. Bumbu kebuli produksi Cairo Food telah digunakan dan diakui sebagai tolok ukur oleh para restoran, hotel dan catering di Indonesia.

Bumbu kebuli ini dapat Anda beli secara langsung di Lulu Hypermart atau marketplace seperti Tokopedia dan Shopee maupun di website resminya, yakni https://cairofood.id. Selain itu Anda pun dapat memperolehnya melalui WhatsApp di 081218222610. 

Ada beberapa hal yang membedakan bumbu buatan Cairo Food dengan produk lainnya di antaranya bumbu ini terbuat dari 100% rempah alami, bukan hasil rekayasa bahan kimia atau perisa, bebas MSG atau vetsin, tanpa pewarna, tanpa pengawet, dan anti kempal alami.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba memasak sendiri nasi kebuli di rumah, berikut ini ada resep nasi kebuli yang dapat Anda coba, seperti dikutip dari laman cairofood.id.

Resep Nasi Kebuli

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Daging kambing dengan atau tanpa tulang 1 kg
  • Beras basmati atau beras pera IR 42 1 liter
  • Bawang bombay 250 gram dipotong dadu kecil
  • Bawang putih 6 siung dipotong kecil
  • Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food 4 sdm 
  • Minyak samin/mentega 3 sdm 
  • Air secukupnya
  • Garam sesuai selera

Cara Membuatnya:

  • Tumislah bawang bombay di dalam panci dengan minyak samin/mentega sampai layu, lantas masukkanlah bawang putih sampai seluruhnya berubah warna menjadi lebih cokelat.
  • Masukkanlah Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food kemudian tumislah sejenak sampai aromanya tercium kuat.
  • Masukkanlah air secukupnya kira-kira 1.2 liter, tergantung dari jenis beras yang anda gunakan. Bila Anda akan menggunakan beras pera IR 42, maka gunakanlah air sebanyak 1.2 Liter. Bila Anda menggunakan beras basmati, maka Anda dapat menggunakan 1.4 liter air. Semua bergantung pada selera Anda, tambahkanlah air bila ingin lebih basah.
  • Masukkanlah daging kambing kemudian rebuslah sampai empuk. Selalu jaga supaya volume air tak berubah sepanjang proses merebus daging. Daging kambing memerlukan waktu berkisar antara 45 menit sampai 2 jam, bergantung pada umur dan jenis kambingnya. Selalu periksa dan cobalah ditusuk dengan garpu untuk melihat apakah daging telah empuk ataukah belum.
  • Bila daging telah empuk, silakan cuci beras berkali-kali sampai bersih lantas dimasukkan ke dalam panci. Khusus untuk beras basmati, Anda mesti merendam beras terlebih dulu dalam air selama 5 hingga 10 menit, kemudian ditiriskan dan dimasukkan ke dalam panci. Anda dapat langsung memasukkannya ke dalam panci sesudah beras dicuci dan lalu ditiriskan bila Anda menggunakan beras pera IR 42.
  • Masaklah nasi kebuli sampai matang.
  • Hidangkan dengan bawang goreng, sambal, emping, dan acar.

Itulah nasi kebuli, kuliner lezat yang sarat sejarah untuk masyarakat Betawi. Anda tertarik untuk mencobanya?


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon