5 Cara Meningkatkan Sistem Imunitas Yang Bisa Dipraktikkan Sehari-hari

Maman Malmsteen 22.02.00


Memiliki sistem imunitas yang kuat adalah cara utama untuk melindungi diri dari penyakit. Sistem imunitas atau daya tahan tubuh merupakan benteng pertahanan pertama dari berbagai kuman penyebab infeksi. Jika sistem imunitas tubuh kamu kuat, maka kuman yang berusaha menyerang akan mampu dikalahkan sehingga tubuh terhindar dari infeksi dan kamu pun tidak menjadi sakit. 

Imunitas tubuh bekerja dalam sebuah sistem dan tidak berdiri sendiri. Supaya sistem kekebalan tubuh kamu bisa bekerja dengan baik dan maksimal, maka kamu harus melakukan serangkaian tindakan secara rutin dan berkelanjutan. Upaya yang konsisten akan menghasilkan sistem imunitas yang kuat sehingga kamu tidak akan mudah terkena penyakit. 

Memasuki musim baru biasanya akan menjadi lebih banyak kasus penyakit dari biasanya. Jika sistem imunitas menurun ketika pergantian musim, maka kamu pun menjadi rentan terserang penyakit. Jangan biarkan hal itu terjadi dengan melakukan berbagai cara meningkatkan sistem imunitas dibawah ini yang bisa dipraktikkan dalam sehari-hari :

1. Istirahat Cukup

Tahukah kamu jika tidur yang cukup setiap hari sama pentingnya dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Tidur yang nyenyak atau berkualitas mampu merangsang sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima, sehingga siap melawan pathogen penyebab penyakit yang masuk kedalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan ketika tidur, sistem imunitas tubuh akan mengeluarkan zat yang bernama sitokin, yang mampu meningkatkan kualitas tidur dan dibutuhkan ketika terjadi infeksi atau peradangan. 

2. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Yang dimaksud asupan bergizi seimbang disini yaitu makanan yang kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan seseorang. Sumber gizi ada di beragam jenis makanan. Karena itu, semakin beragam jenis makanan yang dikonsumsi, maka akan semakin banyak juga jenis nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Contohnya, makan buah dan sayur untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral, makan nasi atau gandum untuk mendapatkan asupan karbohidrat, serta makan daging dan kacang – kacangan untuk mendapatkan asupan protein. 

3. Rajin Berolahraga

Cara meningkatkan sistem imunitas yang lainnya adalah dengan berolahraga secara rutin. Aktivitas tersebut memiliki segudang manfaat bagi kesehatan seperti mencegah obesitas, melindungi diri dari risiko penyakit kardiovaskular, serta menekan risiko osteoporosis (keropos tulang). 

Olahraga mampu merangsang kerja antibody dan sel – sel darah putih, yaitu sel kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan berbagai macam kuman penyebab penyakit. Dengan berolahraga, maka sel darah putih bisa bersikulasi lebih lancar sehingga lebih cepat mendeteksi keberadaan penyakit. 

4. Rajin Mencuci Tangan

Anjuran rajin mencuci tangan menggunakan sabun sudah gencar disebarkan sejak dulu. Bukan hanya ketika sebelum dan sesudah makan saja, namun mencuci tangan menggunakan sabun juga perlu dilakukan pada berbagai kesempatan seperti usai menggunakan toilet, usai memegang hewan, berada di dekat orang yang sedang batuk atau pilek, dan setelah menggunakan moda transportasi umum. 

Langkah tersebut penting dilakukan untuk melindungi diri dari penularan kuman penyebab penyakit. Dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun mampu mengoptimalkan upaya yang telah kamu lakukan dalam menjaga atau meningkatkan sistem imunitas tubuh. 

5. Konsumsi Suplemen Peningkat Sistem Imunitas Tubuh

Terakhir, cara meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi suplemen peningkat sistem imunitas tubuh seperti Rhea Health Tone. Ini merupakan suplemen yang didesain yang diformulasikan untuk menjaga tekanan darah, membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah dan anti oksidan, serta anti inflamasinya, membantu mengurangi pengaruh radikal bebar yang bisa memicu kanker dengan memperkuat ACE2 yang ada di sel manusia. 

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon