Ikut Tryout CPNS dan Tryout SBMPTN di Tryout.id Sangat Bantu Anda Lulus

Maman Malmsteen 07.30.00


Saban tahunnya seleksi tes CPNS dan SBMPTN selalu menjadi primadona bagi muda-mudi Indonesia. Tidak aneh jika satu bangku kosong di sebuah kementerian atau PTN dapat diperebutkan oleh ribuan bahkan jutaan orang. Oleh sebab itu dengan mengetahui banyaknya jumlah pesaing Anda sebaiknya mempersiapkan diri sejak awal supaya hasilnya lebih optimal.

Sebelum Anda masuk dan mengikuti sederetan tes CPNS, hendaknya Anda mengikuti Tryout CPNS terlebih dulu. Demikian pula jika Anda ingin mengikuti tes SBMPTN, sebaiknya mengikuti tryout SBMPTN terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa alasan kenapa sebaiknya Anda mengikuti tryout terlebih dulu sebelum mencoba tes sebenarnya.

Tryout (TO) merupakan proses uji coba pada kemampuan seseorang dalam menguasai materi terhadap mata pelajaran tertentu. Tryout CPNS adalah simulasi tes CPNS yang dibuat sedemikian rupa dengan beragam manfaat yang menyertainya.



Manfaat Mengikuti Tryout 

Di samping belajar mandiri Anda tentu tertarik untuk mengikuti tryout yang diadakan oleh lembaga atau institusi tertentu. Mengikuti tryout CPNS nyatanya memang mempunyai segudang manfaat. Dengan hadirnya simulasi bersistem CAT, maka Anda akan merasakan sensasi tes CPNS seperti yang diselenggarakan oleh BKN.

Kecuali itu, dengan melakukan tryout, Anda pun dapat mengukur kemampuan Anda melalui sistem ranking secara nasional. Dengan sistem itu, aura persaingan yang diperoleh akan semakin lebih terasa. Manfaat berikutnya, dengan mengikuti tryout secara rutin maka Anda dapat memperoleh soal-soal yang up to date.

Lantaran pada dasarnya soal yang diberikan setiap penyelenggaran tryout tentunya akan berbeda. Maka Anda akan memperoleh soal-soal yang baru serta bervariasi. Dengan demikian Anda bisa memperkaya pengetahuan Anda lewat simulasi CPNS seperti ini. Meskipun mempunyai segudang manfaat yang bisa menunjang belajar Anda, harga tryout umumnya lebih terjangkau.

Sementara itu menjawab soal tryout SBMPTN tak dapat dilakukan sembarangan. Anggap saja tryout yang tengah Anda ikuti merupakan simulasi UTBK masuk kampus yang sebenarnya. 

Buat Target

Sebelum menghadapi tryout SBMPTN, sebaiknya Anda membuat target supaya Anda dapat mengetahui perkembangan kemampuan Anda dalam menjawab soal-soal SBMPTN. Ada hal-hal yang mesti Anda perhatikan ketika membuat target itu. 

Pertama, cari tahu berapakah nilai yang diperlukan untuk masuk program studi di universitas yang Anda incar. Kedua, buatlah target materi-materi pelajaran yang mesti Anda kuasai. Ketiga, sesudah Anda mengikuti tryout, buatlah target baru tentang materi pelajaran apa saja yang belum Anda kuasai. Hal ini dapat Anda lihat dari nilai tryout yang telah Anda ikuti.

Perbanyak Latihan Soal

Memperbanyak latihan soal UTBK dapat membuat Anda lebih memahami variasi soal yang umumnya muncul dalam tryout SBMPTN. Di samping itu, Anda pun bisa melihat sejauh mana perkembangan kemampuan Anda dalam mengerjakan soal.

Jika ada materi yang belum Anda kuasai ketika latihan soal, Anda dapat mempelajarinya terlebih dulu hingga akhirnya Anda dapat menguasai materi itu ketika menghadapi UTBK SBMPTN.

Belajar Manajemen Waktu

Tidak cuma memperbanyak latihan soal UTBK, Anda pun mesti belajar mengatur waktu selama belajar. Manajemen waktu yang baik dapat membantu Anda mengerjakan soal tryout secara efektif. 

Melalui cara ini Anda jadi lebih mudah memilah mana soal yang dapat dikerjakan cepat, soal yang memerlukan ketelitian, serta soal apa saja yang memerlukan waktu pengerjaan lebih lama. 

Untuk melatih manajemen waktu, Anda dapat memakai timer atau stopwatch ketika mengerjakan latihan soal UTBK. Misalnya, pasang timer 120 menit untuk mengerjakan soal sebanyak 80 atau memakai stopwatch untuk mengukur lama waktu pengerjaan satu soal.

Dahulukan Soal yang Mudah

Jangan habiskan waktu ketika memikirkan jawaban yang sukar. Oleh sebab itu ketika mengikuti tryout online, Anda dapat mengukur sejauh mana pemahaman pada soal UTBK yang diberikan.

Mendahulukan soal yang mudah merupakan strategi dalam menjawab latihan soal tryout UTBK. Supaya tidak kehabisan waktu, sebaiknya Anda mendahulukan soal tryout UTBK yang dianggap mudah. Langkah ini dapat membantu Anda mengalokasikan waktu ujian untuk soal-soal yang lebih sukar. Sesudah seluruh soal yang menurut Anda mudah telah selesai dikerjakan, baru Anda kembali ke soal-soal sukar yang belum dikerjakan.

Jangan Terlalu Lama Mengerjakan Soal

Terkadang Anda terlalu asyik mengerjakan satu soal sebab Anda penasaran dengan jawabannya. Umumnya ini terjadi ketika Anda mengerjakan soal yang perlu kejelian menghitung, seperti akuntansi, kimia, fisika, dan matematika. 

Ada baiknya Anda tinggalkan dulu soal yang membuat Anda penasaran ini lantaran Anda dapat kehilangan waktu untuk mengerjakan soal-soal yang lainnya. Anda dapat kembali mengerjakan soal yang menghabiskan banyak waktu ini sesudah Anda mengerjakan seluruh soal yang lebih mudah.

Periksa Kembali Jawaban

Jika masih ada sisa waktu ujian, janganlah lupa untuk kembali memeriksa jawaban Anda. Bila ada jawaban yang membuat Anda ragu, Anda dapat menggantinya atau malah mengosongkannya. 

Penting Anda ingat, jawaban yang salah dapat mengurangi skor Anda. Sistem penilaian UTBK SBMPTN mendesain skor +4 untuk setiap jawaban yang benar, skor -1 untuk setiap jawaban yang salah, dan skor 0 untuk jawaban kosong. Alhasil, lebih baik Anda fokus pada soal yang diyakini jawabannya telah benar saja dan mengosongkan jawaban yang benar-benar terlampau sulit bagi Anda.

Namun, jangan terlampau banyak mengosongkan jawaban. Sebaiknya Anda menguasai materi UTBK dan memperbanyak latihan soal terlebih dulu supaya dapat menjawab seluruh soal dengan benar sehingga skor yang Anda dapat pun semakin tinggi.

Anda takut tidak lulus tes CPNS atau SBMPTN? Ada baiknya Anda mengikuti tryout online di Tryout.id. TRYOUT.id adalah pusat pembelajaran soal + pembahasan paling lengkap dan terbaik di Indonesia. Dengan merogoh kocek hanya sebesar Rp30.000 per tahun Anda bisa latihan soal-soal sepuasnya karena TRYOUT.id telah menyediakan 30.000 soal lebih untuk Anda yang akan ujian.

Dengan tryout online melalui TRYOUT.id siapapun dapat belajar asalkan mempunyai handphone. Kapanpun dan dimanapun, Anda bisa belajar tryout, baik saat menunggu, bahkan waktu berolahraga. Di sela-sela seluruh aktivitas Anda, Anda bisa belajar soal-soal tryout.

Soal-soal tryout di TRYOUT.id dirancang dalam  2 mode yakni mode belajar dan mode tryout. Apabila menggunkann mode tryout, Anda harus menjawab soal terlebih dulu hingga selesai, kemudian betul dan salah akan diketahui di bagian akhir. Sedangkan bila memilih mode belajar, usai setiap soal ditampilkan, maka di bawahnya langsung akan nampak jawabannya. Tunggu apalagi? Yuk registrasi di TRYOUT.id!


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon