Cara Tingkatkan Kreativitas di Tengah Masa Pandemi

Cara Tingkatkan Kreativitas di Tengah Masa Pandemi

Kreativitas tidak cuma diperlukan oleh seniman atau seniwati, tiap-tiap pekerjaan memerlukan kreativitas. Kalangan industri pun dituntut untuk kreatif dan inovatif berhubungan dengan pengembangan produk maupun proses pemasaran supaya produk terus bertahan di tengah pandemi.

Sejumlah orang akan condong lebih kreatif saat dalam kondisi terdesak, seperti William Shakespeare dan Isaac Newton yang merupakan manusia super kreatif sewaktu wabah melanda di awal abad ke-17. Saat wabah menyerang, Newton dan keluarga terpaksa mengisolasi diri di Kota Lincolnshire. Nah, ketika itulah seorang Newton mendapatkan beberapa dasar teori gravitasi, malah berbagai prinsip kalkulus.

Demikian pula dengan Shakespeare yang menulis drama terbaiknya saat wabah melanda yang membuat seluruh teater di London ditutup. Keadaan itu mirip dengan keadaan kita sekarang, yakni adanya anjuran untuk diam di rumah dan pemberlakuan pembatasan sosial. Tetapi, kita tidak usah berinovasi seperti halnya Newton yang menciptakan rumus-rumus. Apa sajakah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kreativitasmu, khususnya dalam berwirausaha?

1. Memiliki semangat untuk meningkatkan ilmu baru

Orang kreatif ialah orang yang memiliki berbagai ide yang dapat diperoleh bila seseorang mempunyai pengetahuan. Pengetahuan dan wawasan kamu sebagai generasi meillenial mengenai usaha mesti ditingkatkan setiap waktu. Mengikuti pelatihan, sharing dengan orang lain, atau membaca dan sejenisnya adalah salah satu hal yang sangat mudah kamu lakukan. 

Sejak pandemi menyeruak dan timbulnya perubahan perilaku konsumen menjadi segalanya serba online dan dilakukan dari rumah, tidak sedikit webinar atau pelatihan yang dilaksanakan secara virtual. Beragam komunitas sudah mengadakan webinar dalam bermacam-macam bidang, seperti digital marketing, pengelolaan keuangan, dan lainnya.  Sering pelatihan tersebut diadakan secara gratis dan langsung dari pakarnya. Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan kemampuan pada bidang usaha yang tengah kamu jalani dan akan menjadikan kamu lebih kreatif.

2. Jangan takut mencoba

Kreativitas serta inovasi akan menimbulkan peluang usaha baru yang memberikan keuntungan. Tetapi inovasi dan berbagai ide cemerlang tak akan membuahkan hasil bila kamu takut mencoba. Janganlah takut bermain dengan percobaan-percobaan kecil yang sebetulnya bisa membuka peluang kita untuk belajar dari kesalahan-kesalahan dan bereksplorasi lagi. Contohnya, bila kamu ingin mengembangkan produk baru, maka lakukanlah eksperimen pada produk yang permintaannya saat ini tinggi, seperti produk makanan atau minuman herbal, produk sanitasi, produk kebutuhan rumah tangga, dan produk gadget.

3. Jalin hubungan dengan orang-orang kreatif

Bergaul dan menjalin hubungan dengan orang-orang kreatif bisa menjadi sarana yang cocok untuk menambah kreativitas. Kamu dapat membina hubungan dengan orang-orang kreatif lewat berbagai komunitas yang ada maupun orang yang berada di sekeliling kamu. Lantaran adanya pemberlakuan jaga jarak, kamu dapat menggunakan jejaring media sosial untuk join dengan komunitas. Bergaul dengan orang yang punya latar belakang yang sama akan meningkatkan passion atau hasrat kamu pada hal itu. Gunakanlah waktu dengan mereka untuk saling meminta kritik dan saran, menuangkan ide, menggali ide, serta bertukar pikiran. Dengan demikian kamu dapat memperoleh ide atau inspirasi baru.

4. Peka pada lingkungan sekitar

Menambah kreativitas pun dapat dilakukan dengan lebih memerhatikan lingkungan sekitarmu. Awalilah untuk terbiasa peka dan memerhatikan secara rinci apa yang berlangsung di lingkungan sekitarmu. Jadikanlah apa saja yang kamu dengar, lihat, serta rasakan sebagai proses meningkatkan kreativitas. Janganlah batasi dirimu dan mulailah peduli terhadap lingkungan sekitarmu. Disamping hal itu, cobalah untuk menerima masukan, entah fakta maupun informasi lainnya dari orang yang berada di sekitarmu sampai yang bertolak belakang. Dengan memperoleh hal itu, mungkin kamu akan mendapatkan inspirasi atau ide baru.

5. Siapkan catatan kecil

Ide itu bisa datang dari manapun dan kapan pun tanpa mengenal waktu. Oleh karena itu kamu  perlu menyediakan buku catatan kecil untuk menampung berbagai ide yang seketika menghampirimu. Berbagai ide itu bisa saja hadir ketika kamu tengah di jalan, bekerja, bahkan saat sedang melamun. Dengan mencatat atau menulis ide-ide yang muncul pastinya akan mempermudah kamu untuk mengembangkannya nanti dan mengantisipasi bila kamu lupa dengan ide yang muncul itu.

Meningkatkan kreativitas amat perlu, khususnya ketika merasa kesulitan dan menemui masa sulit seperti masa pandemi yang berlangsung sekarang. Beberapa cara di atas dapat  kamu aplikasikan untuk menambah kreativitasmu tanpa batas. Namun selain beberapa cara di atas, kamu pun dapat meningkatkan kreativitas dengan menjaga energi positif dan pikiranmu tetap optimal dengan setiap hari minum Berocca Performance

Suplemen multivitamin untuk kaum millenials dari Bayer ini banyak mengandung vitamin dan mineral. Berbentuk tablet effervescent rasa jeruk yang memiliki kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, magnesium, kalsium, dan zinc sehingga dengan mengkonsumsi Berocca secara teratur akan menunjang energi fisik dan pikiranmu dalam menjalani aktivitas keseharian. Jadi semangat kamu gak mentok, bahkan akan tetap berkobar.

Mengkonsumsi Berocca tentunya menjadi langkah yang paling mudah bagi kamu yang memiliki segudang kesibukan. Kamu berminat mencobanya? Silakan segera kunjungi saja website Berocca, tempat favorit kamu untuk melakukan order atau pemesanan yang praktis secara online.

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon