Tips Belajar dengan Latihan Soal dan Kunci Jawaban


Belajar telah menjadi hal esensial yang dilakukan oleh manusia. Orang akan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan berbagai ilmu yang selalu berkembang tanpa adanya upaya belajar. Para pelajar tentu saja ingin dapat menguasai seluruh materi pelajaran dengan mudah serta cepat. Agar materi pelajaran mudah dipahami perlu diterapkan cara belajar yang efektif.

Belajar dengan cara latihan soal dan kunci jawaban merupakan salah satu cara belajar yang cukup efektif. Oleh karena itu tidak sedikit pakar pendidikan menyarankannya sebagai salah satu metode belajar yang terbilang baik dan benar. Belajar dengan latihan soal-soal apalagi disertai kunci jawaban itu baik dilakukan ketika belajar pelajaran hafalan maupun pelajaran berhitung. Lantaran latihan soal memang diacukan untuk mempertajam kemampuan kita mengerti materi pelajaran yang tengah dipelajari. 

Berikut ini ada beberapa cara belajar dengan latihan soal dan kunci jawaban yang bisa Anda lakukan.

Saat Menemukan Rumus
Ketika Anda menemui rumus, entah itu dalam pelajaran fisika atau matematika, sebaiknya Anda mencari soal-soal yang memakai rumus itu kemudian kerjakanlah sehingga rumus tersebut secara tidak langsung dapat Anda hafal. Bahkan lebih baik lagi bila sebelumnya Anda pun mempelajari bagaimana cara rumus itu bekerja. 

Bacalah Satu Bab dan Berlatih
Sebaiknya Anda membaca dan memahami terlebih dahulu seluruh isi bab yang tengah Anda pelajari untuk pelajaran berjenis hafalan seperti PKN atau IPS. Setelah itu berlatih mengerjakan soal yang umumnya terdapat sesudah bab itu. Bila ada soal yang belum dapat Anda jawab dengan benar, maka bacalah kembali bab itu dan cari sumber referensi lainnya seperti mencari Kunci Jawaban PKN di internet misalnya.

Soal Esai
Untuk pelajaran hafalan seperti halnya PKN atau IPS, amat penting untuk dapat mengerjakan soal esai secara tepat. Oleh sebab itu, berlatihlah mengerjakan beragam soal esai dan usahakan agar jawaban Anda betul-betul sama persis seperti yang terdapat di buku. Sebab umumnya ketika ulangan harian, guru memang mewajibkan jawaban yang sama benar seperti yang ada di buku. Bila Anda bisa menjawab soal esai atau soal uraian dengan cara yang cepat dan tepat, maka dengan sendirinya Anda sudah menghafal dan menguasai materi itu.

Cari Buku yang Ada Pembahasannya
Silakan cari buku-buku bank soal yang terdapat pembahasannya, khususnya untuk mata pelajaran Matematika atau IPA. Sehingga bila saatnya nanti ada soal-soal yang ternyata tidak dapat Anda jawab, maka pembahasan itu amat membantu menuntun Anda dalam mengerjakan soal itu secara step by step. Selain itu mencari buku-buku yang menyediakan banyak soal sekaligus pembahasannya.

Evaluasi
Coba diperiksa kembali soal-soal yang salah jawabannya atau yang tak dapat Anda kerjakan sebagai bahan evaluasi. Lantas mencari pembahasannya atau bisa juga dengan mencari tahu mengenai soal-soal itu di buku-buku serta internet. 

Sekarang di internet telah hadir www.kuncijawabankelas.com. Di sini Anda bisa latihan soal-soal berbagai mata pelajaran dari berbagai tingkatan kelas, mulai dari kelas 1 hingga kelas 12.  Selain tersedia soal-soal mata pelajaran Bahasa Indonesia, PAI, PKN, disediakan juga Kunci Jawaban Bahasa Indonesia dan lainnya.

Kini belajar latihan soal-soal dan kunci jawaban bukan hal sulit lagi. Anda bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun karena bisa langsung diakses di www.kuncijawabankelas.com melalui smartphone atau tablet. Tunggu apa lagi? Yuk segera belajar latihan soal dan kunci jawaban!

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon