iklan space 728x90px

5 Cara Membuat Tabulampot Buah Naga Merah

Jendela Informasi - Anda penyuka buah naga merah? Sekarang Anda tidak perlu selalu membelinya, tetapi Anda pun bisa menanamnya di dalam pot (tabulampot) di pekarangan rumah. Untuk itu Anda harus tahu cara membuat tabulampot buah naga merah terlebih dahulu.

Ada lima langkah cara membuat tabulampot buah naga merah yang mesti dilakukan supaya tanaman buah naga merah tersebut bisa tumbuh baik dan berbuah sesuai yang diharapan kita semua.

Persiapan Pembibitan 
Buah naga dapat ditanam dalam pot (tabulampot) dengan menggunakan dua cara yakni secara generatif (biji) dan secara vegetatif (potongan batang). Hanya saja menanam buah naga di dalam pot dengan cara generatif tergolong jarang dilakukan karena membutuhkan masa tanam yang lebih lama. Bibit buah naga bisa diperoleh di toko pertanian, toko tanaman atau petani pembibit maupun membuat sendiri. 

Persiapan Media Tanam
Pot yang digunakan berdiameter 40-50 cm, memiliki lubang bawah dan kaki penyangga dan sebaiknya pot dari tanah liat. Campuran tanah, bubuk bata merah, pasir, kompos dan pupuk kandang dengan dosis 1:2:2:1:3 bisa digunakan untuk media tanamnya. Tambahkan pula 100 gr dolomite dan 20 gr pupuk NPK kedalam campuran tersebut jika diperlukan.

Penanaman
Pada cara membuat tabulampot buah naga merah ini campuran media tanam dimasukkan ke dalam pot sampai 80% dari isi pot. 
Buatlah 3 lubang tanam berdiameter 6 cm pada kedalaman 10 cm. 
Potongan batang yang telah disiapkan dimasukkan ke setiap lubang tanam. 
Pada setiap pangkal bibit media tanam dipadatkan.
Pangkal batang disiram secukupnya.
Bibit diikat supaya tak gampang roboh dengan memakai tiang panjat.
Pot tanaman buah naga diletakkan di tempat yang bisa terkena cahaya matahari, khususnya di pagi hari.

Perawatan
Setelah menanam bibit buah naga dalam pot sebaiknya dilakukan penyulaman. 
Berilah pupuk NPK (16–16–16) sebanyak 2 sdt per tanaman setiap bulan. Penyiraman dilakukan setelah hari ke sepuluh sehabis penanaman dengan cara teratur seminggu sekali dan secukupnya sampai berumur 6 bulan. Lakukan penyiraman pada pagi hari (pukul 06.00) atau sore hari (pukul 17.00) ketika tanaman telah mulai mengeluarkan bunga sebanyak 10-14 hari sekali. Jika buah telah membesar sebesar kepal tangan sebaiknya hentikan penyiraman meskipun di kulitnya masih berwarna hijau agak kemerahan.

Pemangkasan dilakukan dari tanaman berusia 2-3 bulan pada ujung batangnya sampai tersisa 40-60 cm dari media tanamnya. Lakukan pemangkasan jika tinggi tanaman melebihi 140-170 cm. Pilihlah satu tunas saja yang baik dan cepat pertumbuhannya. 

Pemanenan 
Pada umur sekitar 6 bulan buah naga mulai berbunga. Dibutuhkan waktu kira-kira 50-55 hari untuk memperoleh buah naga yang siap petik dari kuncup bunganya. Buah siap petik ditandai dengan adanya warna merah pada seluruh kulit buah kecuali sisik buahnya di bagian ujung masih sedikit hijau. Pada buah yang telat dipetik timbul rekahan yang bisa mengakibatkan buah mudah rusak. Pemanenan dapat Anda lakukan sendiri, caranya dengan memotong tangkai buah naga memakai pisau tajam atau gunting, usakana jangan merusak kulit buahnya. Jenis tanaman buah, pengolahan lahan tanam, penyiraman air, pemupukan, pemangkasan, meruapakan beberapa faktor yang mempengaruhi ukuran buah yang Anda panen.

Demikianlah 5 langkah cara membuat tabulampot buah naga merah. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi Anda.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "5 Cara Membuat Tabulampot Buah Naga Merah"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News