IBX59ED8B2FED208 Ini Dia 5 Bayi Prematur yang Ajaib dan Mampu Bertahan Hidup - Jendela Informasi
Loading...

Ini Dia 5 Bayi Prematur yang Ajaib dan Mampu Bertahan Hidup


Jendela Informasi - Bagi yang belum pernah menyaksikan bayi lahir extremely premature, tentu akan sulit menjelaskan bagaimana keajaiban itu dapat terjadi. Ada bayi prematur yang lahir di usia kehamilan 22-24 minggu, menjadikannya sebagai kelahiran di usia yang sangat muda dengan berat badan sekitar 1 pound atau 0,45 kg. Ada juga preemie (bayi premmir) yang terlahir dengan berat hanya sekitar 260 gram.

Namun, keajaiban bisa datang dari makhluk yang mungil. Perjuangan yang berat dilakoni bayi ini bersama keluarganya agar dapat menapaki setiap tahap kehidupan. Berikut lima preemie yang terlahir sangat mungil tetapi mampu bertahan hidup.

Rumasia Rahman
Lahir pada 4 September 2004, ia terlahir kembar bersama saudaranya, Hiba. Mereka lahir di usia kandungan 25 minggu 6 hari, lebih dari 15 minggu sebelum hari perkiraan lahir (HPL). Saat lahir, Rumasia memiliki berat 260 gram, kira-kira seukuran telefon seluler. Rumasia dan kembarannya dilahirkan prematur karena sang ibu menderita preeklamsia yang dapat menyebabkan bayi lebih kecil dibandingkan dengan ukuran normal. Meski terlahir sangat mungil, Rumasia tumbuh dan bersekolah seperti pada umumnya. Ia sempat menjalani operasi bedah laser pada mata karena retinopathy of prematurity (ROP) dan mengenakan kacamata. Tubuhnya memang lebih kecil dibanding teman-teman seusianya tetapi tidak ada keluhan perkembangan lainnya. 

Melinda Star Guido
Pada saat hari kelahirannya Agustus 2011, Melinda menjadi bayi terkecil kedua di Amerika Serikat dan bayi yang lahir terkecil ketiga di dunia yang mampu bertahan hidup lebih lama sebelum keluar dari rumah sakit. Melinda lahir di usia kehamilan 24 minggu karena ibunya menderita tekanan darah tinggi yang berbahaya. Melinda terlahir dengan berat sekitar 300 gram, la harus mendapat terapi asupan oksigen di rumah untuk merawat bronchopulmonary dysplasia (BPD) yang dialaminya. Juga harus menjalani operasi perbaikan ductus arteriosis (PDA) secara paten dan mendapat laser mata karena ROP. Ia pulang setelah 16 minggu di rumah sakit.

Tom Thumb
Tak diketahui nama aslinya, Tom Thumb diduga sebagai bayi yang lahir paling kecil di dunia. Lahir pada Juni 2009 di Jerman, orangtuanya ingin menutupi identitas anaknya sehingga hanya dikenal dengan julukan Tom Thumb. Ia lahir di usia kandungan 25 minggu dengan berat 200 gram. Kini ia mengenakan kacamata dan memerlukan terapi fisik di tahun pertamanya. Namun perkembangan lainnya baik, sama seperti balita lain pada umumnya.

Madeline Mann
Lahir 1989, Madeline lahir di usia kehamilan 26 minggu 6 hari. Beratnya hanya 280 gram. Kini ia sudah duduk di bangku kuliah. Meski lebih pendek dibandingkan dengan tinggi badan orang seusianya, kesehatan Madeline baik-baik saja dan tidak terpengaruh oleh proses kelahirannya yang prematur kendati berkacamata dan mengidap asma.

Kenna Moore
Lahir pada 9 Januari 2012 di North Carolina. Tubuhnya tak lebih besar dari kaleng soda karena dilahirkan di usia kandungan 24 minggu. Itu karena ibunya menderita tekanan darah tinggi. Kenna harus mendapat bantuan untuk asupan nutrisi dan mengenakan tabung oksigen hingga usianya tiga tahun. Namun setelahnya, ia adalah anak yang sehat dan ceria yang memakai kacamata.

0 Response to "Ini Dia 5 Bayi Prematur yang Ajaib dan Mampu Bertahan Hidup"

Post a Comment

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.