IBX59ED8B2FED208 Menu Sahur untuk Penderita Kolesterol - Jendela Informasi

Menu Sahur untuk Penderita Kolesterol

Bagi penderita kolesterol, bulan puasa merupakan saat yang tepat untuk mengendalikan kadar kolesterol yang terdapat dalam darah melalui pengaturan pola makan yang sudah ditentukan ketika sahur atau pun berbuka. Namun demikian, pengaturan pola makan pasca berbuka juga harus diperhatikan dengan benar agar kadar kolesterol tidak melonjak menjadi lebih tinggi. Bagaimanakah kiat mengatur menu sahur untuk penderita kolesterol yang bermanfaat?

Berikut beberapa kiat dan tips menentukan menu sahur untuk penderita kolesterol sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Karbohidrat
Untuk pemenuhan karbohidrat, bisa digunakan alternatif pilihan seporsi nasi putih, dua potong kentang ukuran sedang, beberapa tangkup roti tawar ataupun seporsi nasi merah. Pilihan lain yang bisa dipertimbangkan adalah setengah mangkuk gandum ataupun oatmeal.

Protein
Untuk pemenuhan protein, bisa didapatkan dari konsumsi ikan laut ataupun ikan air tawar dengan cara pengukusan seperti pepes. Alternatif lain yang bisa dipertimbangkan adalah asupan olahan kedelai seperti tahu ataupun tempe dalam sayuran atau minuman susu kedelai. Bisa juga didapatkan dari daging unggas ataupun daging merah dengan terlebih dahulu membuang kulit, lemak ataupun jeroan dengan sistem pemasakan panggang atau bakar. Protein juga bisa didapatkan dari konsumsi putih telur.

Lemak
Bagaimanapun juga, asupan lemak harian tetap diperlukan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Asupan lemak bisa didapatkan dari makanan yang pengandung asam lemak tak jenuh ganda atau tunggal seperti alpukat, minyak zaitun, minyak jagung atau minyak soya.

Vitamin dan mineral
Asupan vitamin dan mineral penting bagi tubuh bisa didapatkan dari konsumsi sayuran atau buah-buahan. Beberapa jenis menu sayuran yang bisa dikonsumsi antara lain sup, sayur bayam atau sayuran lain yang berkaldu bening. Hindari penggunaan kaldu hewani ataupun bersantan seperti kare.

Antioksidan
Bagi penderita kolesterol, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asupan makanan ataupun minuman yang mengandung antioksidan yang tinggi seperti buah delima, teh ataupun coklat tanpa lemak. Tidak ada salahnya jika mengkonsumsi air rebusan kulit manggis atau rebusan daun sirsak ketika menjelang imsak.

Demikianlah beberapa kiat dan tips menu sahur untuk penderita kolesterol yang bisa dipertimbangkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. [artikelkesehatanwanita.com]