iklan space 728x90px

5 Tips Sederhana agar Bekerja Lebih Efisien dan Produktif


Jendela Informasi - Tahun 2019 baru saja dimulai, pasti sudah banyak resolusi positif yang Anda rencanakan di tahun ini. Nah, apakah meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja menjadi salah satu resolusi Anda di tahun ini? Jika iya, beberapa tips sederhana yang dikutip dari Forbes berikut ini bisa mulai Anda terapkan.

Inilah 5 tips sederhana agar bekerja lebih efisien dan produktif

Mulailah lebih dini
Manfaatkan suasana yang masih tenang di pagi hari untuk mulai bekerja. Bangun pada subuh hari juga memungkinkan Anda untuk merasakan udara yang masih segar yang akan menyegarkan tubuh dan pikiran Anda. Manfaatkan waktu ini untuk memulai bekerja dan prioritaskan pada hal yang paling mendesak untuk hari itu. Gunakan kopi atau teh dan mulailah bekerja.

Selalu prioritaskan tugas Anda
Buatlah daftar prioritas pekerjaan untuk hari itu. Terkadang memang ada tugas dadakan, namun jangan sampai hal ini mengganggu prioritas pekerjaan Anda. Jangan lupa juga untuk rehat 2-3 menit setiap menyelesaikan satu tugas.

Jangan menunda
Memulai pekerjaan dengan sesegera mungkin memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika Anda berada dalam kondisi stres, menunda pekerjaan merupakan reaksi natural untuk menghadapi stres. Oleh karena itu, rehat 2-3 menit sebelum memulai poin tugas yang baru sangatlah penting. Hal ini bisa juga menghindarkan Anda dari menunda-nunda pekerjaan.

Buat jadwal yang fleksibel
Bersiaplah terhadap segala sesuatu yang bisa muncul secara tidak terduga, seperti pertemuan dadakan atau ada seseorang di kantor Anda yang membutuhkan lebih banyak perhatian daripada yang Anda perkirakan. Walaupun daftar prioritas sudah dibuat, namun jadikan jadwal Anda lebih fleksibel. Cerdiklah dalam memilah pekerjaan. Kalau tugas tambahan bisa ditunda, kerjakanlah di sela-sela tugas utama.

Jadilah lebih praktis
Kalau bisa mencari cara untuk mengerjakan tugas dengan baik dan praktis kenapa tidak? Jika ada kendala saat mengerjakan tugas, kenalilah kendala itu. Hal ini penting agar Anda tidak kecewa jika target dalam sehari itu tidak tercapai.

Bijaklah dalam menggunakan waktu
Jangan menerima tawaran untuk minum kopi atau makan siang dengan rekan kerja, atau menjadi sukarelawan untuk mengerjakan sesuatu terlalu sering. Perilaku ini bisa membuat Anda lebih tertekan karena akan ada banyak pekerjaan yang tidak terselesaikan.

Namun, jika memang masih punya waktu untuk melakukan kegiatan prioritas kecil Anda, selamat Anda hebat! Tetapi jangan sampai Anda kewalahan, bisa saja hal itu membuat Anda tidak kondusif untuk bekerja secara produktif. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "5 Tips Sederhana agar Bekerja Lebih Efisien dan Produktif"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News