iklan space 728x90px

Android 4.3 Jelly Bean Usung Sejumlah Fitur Dan Teknologi Baru

Google baru saja mengenalkan OS Android terbarunya, yaitu versi 4.3.  Sistem operasi ini masih termasuk dalam keluarga Jelly Bean, meski begitu bukan berarti minim fitur baru.  Sebaliknya, Android 4.3 mengusung sejumlah fitur dan teknologi baru.  Bahkan versi ini disebut-sebut sebagai versi Jelly Bean yang paling sempurna ketimbang versi terdahulu.

Mau tahu banget apa saja yang baru di Android 4.3 Jelly Bean ini? Ini dia!
  • Sistem Profil Pengguna
User profile atau profil pengguna di Android 4.3 mengalami pembaharuan signifikan.  Kini Anda dapat menambahkan banyak profil untuk banyak pengguna atau multi user.  Hebatnya, masing-masing profil pengguna dapat menyimpan pengaturannya sendiri, mulai dari tema, wallpaper, aplikasi, dan widget yang digunakan.  Artinya setiap profil akan tampil berbeda saat dibuka, sesuai dengan pengaturan yang telah dibuat sebelumnya.  Untuk berpindah dari satu profil ke profil yang lain pengguna tidak perlu melakukan log in/log out, cukup masuk ke menu pengaturan.  Selain itu Anda juga dapat membuat profil dengan tingkat sistem keamanan tinggi sehingga data yang disimpan pada profil tersebut tidak dapat diakses melalui profil lainnya.


  • Autocomplete Di Dial Pad
Android 4.3 kini memiliki dial pad yang pintar, mampu melengkapi nomor telepon yang Anda akan hubungi sejak pertama kali diketik.  Nomor yang ditampilkan adalah nomor yang telah disimpan atau pernah dihubungi sebelumnya.  Sistem autocomplete ini mirip dengan dengan fitur serupa di phonebook, jadi sekarang Anda tak perlu lagi membuka phonebook untuk mengakses nomor telepon secara cepat.


  • Fitur Gesture Typing
Selain dial pad, Android 4.3 Jelly Bean juga memiliki fitur baru di keyboardnya.  Kini pengguna dapat mengetik lebih cepat dan mudah dengan adanya fitur Gesture Typing.  Fitur ini mirip dengan aplikasi keyboard Swype yang memungkinkan pengguna mengetik hanya dengan menggeser jari atau melakukan sapuan jari pada deretan tuts keyboard.  Dengan dukungan sistem prediksi teks dan kamus yang lengkap, keyboard ini juga memiliki fitur autocomplete yang mumpuni sehingga kita dapat mengetik lebih cepat.

  • Fitur DayDream
Fitur ini sejatinya merupakan pengembangan dari screensaver pada umumnya.  Hanya saja, fitur DayDream milik Android 4.3 mampu menampilkan beragam gambar dan informasi (online).  Anda dapat mengatur apa yang akan ditampilkannya, mulai dari foto yang tersimpan di galeri, hingga informasi Google Now.


  • Sistem Notifikasi Pintar
Jika di versi lama sistem notifikasi hanya menampilkan pemberitahuan dan akses cepat, di Android 4.3 sistem notifikasinya mampu menampilkan informasi secara lengkap.  Dengan sistem notifikasi ini pengguna dapat langsung menyimak informasi tanpa perlu membuka atau mengakses aplikasi tertentu.  Bahkan, jika ada email masuk, Anda dapat membaca dan membalas email langsung di halaman notifikasi.

  • Bluetooth Smart Dan Wireless Display
Android 4.3 juga memiliki sejumlah teknologi koneksi nirkabel baru, seperti Bluetooth Smart dan Wireless Display.  Bluetooth Smart merupakan standar baru teknologi Bluetooth yang lebih henat daya serta efisien dalam mengirim/menerima data.  Saat ini standar Bluetooth Smart sudah banyak digunakan oleh sejumlah vendor gadget global.  Sedangkan Wireless Display merupakan teknologi yang digunakan untuk menampilkan konten di layar TV secara nirkabel.  Wireless Display atau WiDi serupa dengan teknologi Miracast yang dikembangkan Sony.  Dengan WiDi Anda dapat menikmati konten yang tersimpan di ponsel atau tablet pada layar TV (yang mendukung).


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Android 4.3 Jelly Bean Usung Sejumlah Fitur Dan Teknologi Baru"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News