Cara Mengubah Warna Background Dokumen

Maman Malmsteen 09.15.00
Beberapa pengguna ingin mengubah warna background halaman dokumen Word sebagai presentasi atau bahkan untuk dicetak.  Salah satu alasan menggunakan warna selain putih adalah beberapa orang ingin dokumen terlihat lebih menarik, asal tetap menggunakan warna yang tidak terlalu seragam dibandingkan dengan teks.

  1. Buka dokumen, kemudian pada Ribbon klik tab "Design".
  2. Lanjutkan dengan meng-klik "Page Color" dan pilih warna yang diinginkan.  Sebagai tips, gunakan warna yang kontras dengan warna font pada dokumen.  Perubahan warna akan langsung diaplikasikan.
  3. Jika Anda ingin mencetaknya, langkah tidak berhentii sampai di sini, karena terdapat beberapa pengaturan yang harus dilakukan.  Klik "File" pada Ribbon.
  4. Pada opsi yang ada, pilih "Options".
  5. Muncul jendela Word Options.  Di samping kiri pilih tab "Display".
  6. Di samping kanan, cari bagian "Printing Options".  Centang opsi "Print background colors and images." Cetak dokumen.  Yang perlu diingat, pastinya tinta printer akan cepat habis bila Anda sering-sering mencetak dokumen dengan background warna.
Sekedar tambahan, jika Anda masih menggunakan Word 2007 (Microsot Office Word 2007), maka cara mengubah warna background dokumen pada Word 2007 adalah sebagai berikut :
  1. Buka dokumen, kemudian pada Ribbon klik tab "Page Layout".
  2. Lanjutkan dengan meng-klik "Page Color" dan pilih warna yang diinginkan. Perubahan warna akan langsung diaplikasikan.
  3. Langkah selanjutnya sama seperti pada cara mengubah warna background dokumen pada Word 2013 di atas.

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »