IBX59ED8B2FED208 Mengenal Khasiat Jahe - Jendela Informasi

Mengenal Khasiat Jahe

Jahe atau ginger punya nama ilmiah Zingiber officinale.  Konon kabarnya, tanaman yang termasuk salah satu bumbu penyedap masakan itu berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina.  Dan dua bangsa itu pula yang menjadikan jahe sebagai bahan minuman, bumbu masak, dan obat tradisional.

Jahe punya aroma yang khas karena mengandung minyak atsiri serta oleoresin yang membuat rasanya agak pedas.  Nah karena kandungan dua zat itulah, jahe bisa digunakan sebagai obat, misalnya untuk merangsang kelenjar pencernaan, membangkitkan nafsu makan, dan memperkuat lambung.

Rimpang jahe atau bagian pada akarnya juga ada manfaatnya.  Sebagai bumbu masak atau pemberi aroma dan rasa seperti pada roti, kue, biskuit, dan permen.  Karena bisa memberi efek rasa panas dalam perut, jahe juga digunakan sebagai bahan minuman seperti bandrek, sekoteng, dan sirup.

Jahe juga digunakan pada industri obat, minyak wangi, dan jamu tradisional.  Kalau jahe yang massih muda bisa dimakan sebagai lalapan atau diolah menjadi asinan dan acar.  Pernah memperhatikan tidak... hidangan sushi juga disertai irisan jahe muda loh.

Obat Praktis

Beuh ternyata masih banyak loh khasiat jahe, seperti :
  • Dapat meredakan nyeri rematik, sakit kepala, dan migren.  Caranya; minum wedang jahe tiga kali dalam sehari.  Bisa juga dengan mengisap permen jahe, menambahkan irisan jahe pada soto, semur atau rendang.
  • Tumbukan daun jahe yang diberi sedikit air dapat digunakan sebagai obat kompres sakit kepala.
  • Tumbuk rimpang jahe, lalu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih.  Minum air rebusan itu untuk memperkuat pencernaan dan mencegah masuk angin.  Bisa juga untuk mengobati hati yang membengkak, batuk, dan demam.
  • Di badan Anda ada luka lecet, kena benda tajam, atau kena duri? Tumbuk rimpang jahe merah dan tambahkan sedikit garam, lalu balurkan di bagian tubuh yang luka.
  • Mengobati eksim.  Caranya; air parutan jahe diperas, lalu campur dengan parutan lobak, lalu dioleskan pada kulit yang terkena eksim.
  • Biar tidak mabuk saat menempuh perjalanan jauh, minumlah wedang jahe.  Mau praktis, makan dua ruas jahe mentah.

Resep Wedang Jahe

Bahan :
  • 1 liter air
  • 100 gr gula pasir
  • 2 buah jahe, dimemarkan
  • 1 lembar daun pandanwangi, dipotong-potong
Cara Membuat:
Air direbus sampai mendidih, lalu masukkan semua bahan, aduk sampai gulanya larut, dan pandannya menjadi layu.  Cicipi deh, bila wedang jahe kurang manis tambahkan gula saja.  Hidangkan dalam keadaan hangat.

0 Response to "Mengenal Khasiat Jahe"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.