IBX59ED8B2FED208 Archicebus Kecil : Primata Tertua Di Dunia - Jendela Informasi

Archicebus Kecil : Primata Tertua Di Dunia

Fosil seukuran tikus yang ditemukan di China diduga bisa menjelaskan asal-usul primata sekitar 55 juta tahun lalu yang diperkirakan sebagai awal keberadaan kelompok hewan, termasuk manusia. Menurut peneliti, kerangka tulang spesies itu membantu menjelaskan percabangan pada pohon evolusi primata yang paling dasar.  Tim peneliti meletakan Archicebus di jalur pohon keturunan tarsius, kelompok hewan arboreal kecil yang hanya ditemukan di wilayah Asia Tenggara.

Archicebus memiliki usia yang  panjang dan morfologi primitif yang menggambarkan munculnya tarsius yang masih dalam keluarga Anthropoid meliputi monyet, kera, dan manusia.  Spesies itu merupakan jenis yang pertama dari keluarga primata yang hidup di muka bumi setelah dinosaurus punah.

Dr. Xijun Ni dari Chinese Academy of Sciences, Beijing, China, mengatakan,"Dari penelitian kerangka yang hampir selesai, tim peneliti menyimpulkan nenek moyang kita ialah sejenis hewan yang sangat kecil.  Spesies itu sangat aktif dan lincah, tinggal di pohon dan memakan serangga.


Fosil Archicebus yang terawetkan itu tersimpan di dua lempeng baru.  Sebagian besar tulang masih terawetkan, termasuk anggota badan dan kaki belakangnya.  Fosil itu ditemukan di wilayah Jingzhou, Provinsi Hubei, sekitar 10 tahun lalu oleh seorang petani lokal.  Mereka mengirim potongan-potongan batu spesies tersebut untuk digambarkan di European Synchrotron Radiation Facility (ESRF), Grenoble, Prancis.  Hasil penelitian forensik Archicebus mencatat ukuran panjang badannya hanya 71 mm dan beratnya diperkirakan sekitar 20 - 30 gram.


Dr Henry Gee, penulis senior Nature, menambahkan,"Spesies itu muncul dalam periode yang sangat penting, yaitu ketika bumi sedang dalam periode pemanasan global yang luar biasa."

Pada 55 juta tahun lalu, bumi merupakan planet hutan.  Bumi ditutupi penuh hutan tropis.  Zaman itu merupakan waktu yang ideal bagi primata untuk berkembang.

0 Response to "Archicebus Kecil : Primata Tertua Di Dunia"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.