Mengenal Sungai-sungai Terpanjang di Indonesia

Indonesia mungkin bukan pemilik sungai terpanjang di dunia seperti Brasil atau Mesir.  Indonesia juga tidak memiliki sungai yang terkenal dengan keelokannya seperti Sungai Thames di Inggris, Seine di Perancis, atau Mississipi di Amerika Serikat.  Namun, tidak sedikit sungai di Indonesia yang memiliki peranan penting sebagai urat nadi perekonomian sautu daerah.

Berikut ini merupakan sejumlah sungai di Indonesia yang memiliki aliran paling panjang.  Sungai - sungai terpanjang kebanyakan berlokasi di Kalimantan dan Sumatera.  Beberapa sungai lainnya berlokasi di Jawa dan Papua.
  • Sungai Kapuas
Sungai yang menjadi urat nadi perekonomian masyarakat Kalimantan barat ini memiliki panjang 1.143 kilometer.  Sungai Kapuas sering juga disebut Sungai Batang Lawai.  Hulunya berada di Pegunungan Muller dan alirannya bermuara di Selat Karimata.  Sumgai Kapuas melintasi sejumlah daerah seperti Pontianak, Kapuas Hulu, Kubu Raya, Melawi, Landak, Sintang, Sanggau, dan Sekadau.  Selain berperan penting dalam perekonomian, daerah di sekitar bantaran sungai menjadi lokasi tempat tinggal penduduk Kalimantan Barat.


  • Sungai Barito
Sungai ini berlokasi di Provinsi Kalimantan Selatan.  Panjangnya sekitar 900 kilometer.  Sungai yang dikenal sebagai salah satu lokasi pasar terapung ini memiliki sebutan lain, yaitu Sungai Banjar, Sungai Dusun, Sungai Banjarmasin, Sungai Banjar Besar, dan Sungai China.  Sungai Barito berhulu di Pegunungan Muller dan bermuara di Laut Jawa.  Sungai ini melintasi provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.


  • Sungai Mahakam
Sungai ini memiliki panjang 920 kilometer.  Sungai ini terkenal akan satwa yang dilindungi, yaitu lumba-lumba air tawar atau ikan pesut atau pesut mahakam.  Hulunya berada di Kabupatn Kutai Barat, Kalimantan Timur, dan bermuara di Selat Karimata.  Pada aliran Sungai Mahakam juga terdapat Danau Cascade Mahakam.


  • Sungai Musi
Sungai ini cukup kondang karena melintasi Palembang, ibukota Provinsi Sumatera Selatan.  Sungai yang disebut juga Batanghari Sembilan ini membentang sepanjang 750 kilometer.  Hulu Sungai Musi berlokasi di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu dan bermuara di Laut Bangka.  Sungai Musi juga dikenal akan Jembatan Ampera yang membentang di atas sungai.  Pemandangan indah dari kelip lampu pada malam hari bisa Anda nikmati di jembatan yang memiliki lebar sekitar 22 meter dan panjang satu kilometer ini.


  • Sungai Batanghari
sungai ini merupakan salah satu sungai terpanjang di Sumatera.  Panjangnya sekitar 800 kilometer.  Aliran sungai ini bersumber dari Pegunungan Bukit Barisan dan berakhir di Selat Berhala, Jambi.  Sungai Batanghari melewati sejumlah daerah di Jambi dan Sumatera Barat, seperti Dharmasraya, Muaro Jambi, Solok, Solok Selatan, Bungo, Tanjung Jabung Timur, Tebo, dan Jambi.


  • Sungai Bengawan Solo
Panjangnya sekitar 548 kilometer.  Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa.  Hulunya berasal dari daerah Pegunungan Kidul di Wonogiri, Jawa Tengah, dan bermuara di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.  Sungai ini melintasi sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur, seperti Sukoharjo, Surakarta, Wonogiri, Klaten, Lamongan, Sragen, Madiun, Blora, Magetan, Ngawi, dan Bojonegoro.


  • Sungai Mamberamo
Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Papua dengan panjang 670 kilometer.  Sungai Mamberamo berhulu di sebelah selatan Pegunungan Foja.  Muaranya berada di Tanjung D'Urville, pesisir utara Pulau Papua yang berbatasan dengan Samudera Pasifik.  Sungai yang mejadi salah satu sumber pembangkit tenaga air yang terbesar di Indonesia ini juga populer dengan julukan "Amazonnya Papua".


Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment