Nikmati Berbagai Wisata di Bogor

Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memiliki ragam pariwisata dengan objek wisata menarik.  Di Kabupaten Bogor terdapat wisata alam, agro, sejarah, religius, wisata boga dan seni budaya.

Di kawasan Gunung Salak Endah (GSE) yang terletak di sebelah barat Kabupaten Bogor, misalnya, merupakan hamparan pegunungan alami.  Di sana terdapat wisata Curug Cigamea yang terletak di Kampung Rawa Lega, Desa Gunung Sari.  Objek wisata itu berjarak sekitar 40 km dari Kota Bogor.

Ada pula Kawah Ratu yang terletak pada ketinggian 1.338 m dari permukaan laut dan memiliki luas sekitar 30 hektar.  Kawah tersebut memiliki daya tarik dengan aktivitas geologi dan mengeluarkan gas alam sulfat (H2S) dengan baunya yang khas dan kadang mengeluarkan suara gemuruh.  Kemudian ada Curug Ngumpet yang sesuai namanya terletak tersembunyi dengan panorama alam dan keasrian yang cantik.  Selain itu ada juga sumber mata Air Panas Lokapurna di Kampung Ciparay, Desa Gunung Sari.

Bagi Anda yang gemar petualangan terdapat Bumi Perkemahan Gunung Bunder di lereng Gunung Salak, serta ada Kampung Wisata Tradisional Cinangneng yang merupakan objek wisata menarik.  Anda dapat terjun langsung dalam suasana alam pedesaan, seperti membajak sawah, memandikan kerbau, menanam padi, bahkan menginap serta menikmati makanan khas pedesaan.

Selain objek wisata alam dan prasasti, terdapat pula wisata agama atau religius yaitu Pura Parahyangan Agung Jagatkhartha yang merupakan istana atau tempat tinggal dari Prabu Siliwangi dan seluruh leluhur di Jawa Barat.  Lalu ada Curug Luhur yang terletak di Desa Gunung Malang, Kecamatan Gunung Malang, Curug Nangka, Goa Gudawang yang unik.  Nama goa itu berasal dari kata kuda lawang yang berarti buntut atau ekor kuda yang dikepang.

Jangan lewatkan pula Air Panas Ciseeng yang merupakan sebuah gunung kapur di tengah pesawahan yang mengeluarkan air panas dengan kadar belerang yang sangat tinggi.  Air tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.
Previous
Next Post »