IBX59ED8B2FED208 Taman Nasional Baluran Jawa Timur - Jendela Informasi

Taman Nasional Baluran Jawa Timur

Jawa Timur memiliki Taman Nasional Baluran yang terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.  Taman Nasional Baluran sebenarnya merupakan kawasan konservasi sumber daya alam, tempat pengelolaan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kelestarian dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya.  Taman nasional itu memiliki luas sekitar 12.000 hektar.  Terdapat empat zona di daerah tersebut, yaitu zona rimba seluas 5.537 hektar, zona pemanfaatan intensif 800 hektar, zona pemanfaatan khusus dengan luas 5.780 hektar, dan zona rehabilitasi seluas 783 hektar.

Pengelolaannya terbagi menjadi dua, yaitu Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Bekol, meliputi Resort Bama, Lempuyang dan Perengan, serta Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Karangtekok meliputi Resort Watu Numpuk, Labuhan Merak, dan Bitakol.



Terdapat tiga fungsi utama di Taman Nasional Baluran, yaitu sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa, serta pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati (SDAH), beserta ekosistemnya yang dapat dimanfaatkan untuk penelitian, pendidikan, budaya, dan pariwisata.

Untuk mencapai taman nasional itu, dari Surabaya dengan menyusuri pantai utara Jatim menuju ke arah timur dan melewati Kota Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, dan Banyuputih.

Bagi Anda yang ingin bermalam di kawasan itu terdapat tempat penginapan atau guest house di daerah Bekol dan juga di bagian pantai di Bama.

Di Taman Nasional Baluran, Anda dapat melihat secara langsumg objek dan daya tarik wisata alam mulai dari ekosistem laut hingga pegunungan, sabana, dan keanekaragaman jenis satwa dan tumbuhan.  Di sana terdapat beberapa tempat yang layak dikunjungi seperti Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Evergreen Forest, Bekol, Bama, Teluk Air Tawar, dan Candi Bang.
DMCA.com

0 Response to "Taman Nasional Baluran Jawa Timur"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.