docTrackr, Cara Atur Hak Akses Attachment Email

Anda tentunya tidak ingin agar sebuah email yang berisikan file attachment penting jatuh di tangan orang yang salah, bukan? Tetapi kita tidak bisa mengontrol akses penerima email ke file attachmnet yang telah diterima.  Menariknya sebuah extension untuk Chrome bernama docTrackr dapat melakukan hal tersebut.  Dengannya Anda dapat memberikan hak akses attachment seperti memberikan akses untuk mencetak dan menyalin, ditambah kemampuan untuk menghapus attachmnet dalam waktu tertentu.

Oya, hingga tulisan ini dimuat, docTrackr masih terbatas mendukung attachmnet berisi file PDF saja.  Tetapi ke depannya developer akan menambah dukungan ke format file lainnya.  Berikut ini penjelasannya!
  • Cari dan instal terlebih dahulu docTrackr melalui Chrome Web Store.
  • Setelah itu login ke akun Gmail Anda, dan docTrackr akan mulai melakukan pengaturan pada Gmail.
  • Buka jendela Compose.  Terdapat tomboll baru yakni "Secure with docTrackr" di samping kanan tombol attachmnet.  Dengan mengklik tombol tersebut, Anda dapat menentukan hak akses pada file PDF yang akan dikirimkan.
  • Saat mengklik tombol "Secure with docTrackr" untuk pertama kalinya, muncul jendela untuk melakukan sign up, meminta Anda untuk menginputkan alamat email dan password untuk membuat akun pada docTrackr.
  • Ketika Anda memilih file attachnment dan mengklik tombol Send pada jendela Compose, sebuah menu pop-up akan muncul.  Di dalamnya Anda dapat menentukan hak akses melalui menu yang tersedia.  Secara default, opsi Can View atau dapat membaca terpilih secara default.  Jika opsi Can Print dan Can Edit dipilih, maka penerima file tidak dapat mencetak dan mengedit file attachment (dalam hal ini file PDF).  Sebagai tambahan opsi "Expired access to the attachments on" memberikan Anda kemampuan untuk menentukan tanggal kadaluarsa dari attachmnet.  Setelah melewati tanggal yang ditentukan, maka attachmnet akan terhapus otomatis.  Klik tombol Secure & Share jika sudah.
  • Terakhir, terdapat fitur menarik dimana Anda dapat melacak informasi apapun terkait dengan file attachmnet yang dikirim menggunakan extension ini, seperti melihat kapan penerima membuka pesan, mengakses file hingga mendownloadnya melalui dashboard docTrackr.
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment