Mengenal Tangga Nada Blues

Tangga nada blues merupakan differensial dari tangga nada pentatonik.  Lebih tepatnya tangga nada pentatonik minor.  Dengan begitu tangga nada blues tidak memiliki yang disebut dengan tangga nada mayor maupun minor.  Tangga nada blues didapat dengan menambahkan 1 nada diantara not ke 3 dan ke 4 pada tangga nada pentatonik minor.  Perhatikan ilustrasi di bawah.

Chord yang biasa digunakan dalam blues adalah chord-chord mayor, chord "7", dan chord "9".  Selain itu, teknik yang biasa digunakan para pemusik blues ini adalah bending dan slide dengan 1 atau 2 senar, bahkan lebih.  Untuk dapat memainkan musik blues, Anda harus memiliki 'feel' yang kaya.

Untuk melatih feel blues Anda, di bawah ini dosediakan sepenggal riff yang dapat Anda coba.  Mintalah teman Anda untuk memainkan ritem-nya.



Pemusik-pemusik blues yang terkenal seperti Eric Clapton, BB King, dan Gary Moore tidak mengandalkan permainan cepat atau rumit seperti musik rock macam Yngmie Malmsteen atau John Petrucci, namun dengan nada khas yang mereka ciptakan mereka mampu membawa pendengarnya merasakan musik yang mereka tawarkan.

Di bawah ini adalah beberapa contoh pattern blues yang amat sering digunakan.


Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. EmoticonEmoticon