IBX59ED8B2FED208 Menikmati Kepulauan Derawan, Kawasan Wisata Bahari Terlengkap Di Dunia - Jendela Informasi

Menikmati Kepulauan Derawan, Kawasan Wisata Bahari Terlengkap Di Dunia

Anda ingin mencoba sesuatu yang berbeda untuk menyegarkan jiwa dan raga? Anda harus mencoba untuk merasakan sensasi berwisata bahari di Kepulauan Derawan. Kepulauan Derawan memiliki Kawasan Konservasi Laut (KKL) yang dikembangkan menjadi objek wisata yang berada di Laut Sulawesi, tepatnya di pesisir Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.  Tempat itu menghadap ke mulut muara Sungai Kelai atau Delta Berau.

KKL Kepulauan Derawan juga merupakan kawasan laut dan mangrove untuk perikanan berkelanjutan, penelitian, dan pengembangan sosial-ekonomi masyarakat.  Namun, untuk menuju ke kawasan tersebut belum mempunyai penerbangan langsung.  Wisatawan yang berasal dari Jakarta dapat terbang menuju Balikpapan dan kemudian dilanjutkan dengan pesawat kecil ke ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.  Dari Tanjung Redeb dilanjutkan menggunakan speedboat menuju Pulau Derawan selama satu jam hingga sampai di muara.

Kepulauan Derawan terdiri dari enam gugusan pulau besar seperti Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Pulau Panjang dan Pulau Samama.  Terdapat pula 21 pulau di Kepulauan Derawan yang merupakan bagian dari 248 pulau di pesisir timur Kalimantan Timur.


Bagi yang ingin menikmati olahraga air, jangan lewatkan juga bahwa perairan Kepulauan Derawan dikenal sebagai salah satu tempat penyelaman terbaik di dunia. Kawasan wisata laut tersebut memiliki terumbu karang yang indah. Anda dapat ber-snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut dengan mudah karena airnya yang bening.  

Untuk dapat menikmati aneka terumbu karang dan ragam jenis ikan, Anda dapat menyewa snorkel seharga Rp 50.000 per hari atau peralatan scuba (self containing underwater bhreating aparatus) sekitar Rp 400.000.


Di Kepulauan Derawan terdapat lebih dari 460 jenis karang dan membuat kawasan tersebut memiliki keragaman karang keras tertinggi nomor dua dunia setelah Kepulauan Raja Ampat di Papua.  Tak hanya itu, terdapat juga lebih dari 870 jenis ikan, aneka flora dan fauna seperti 347 jenis ikan karang dan 222 jenis moluska.



0 Response to "Menikmati Kepulauan Derawan, Kawasan Wisata Bahari Terlengkap Di Dunia "

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.