Martin Cooper, Penemu Ponsel, Terinspirasi Alat Komunikasi Dari Star Trek

Telepon seluler atau disingkat ponsel bisa dibilang hampir semua lapisan masyarakat memiliki perangkat komunikasi yang satu ini. Bahkan saat ini sudah lazim jika seseorang memiliki lebih dari satu buah ponsel. Seperti layaknya perangkat elektronik lainnya, sejarah ponsel termasuk panjang.

Ponsel untuk publik pertama kali didemonstrasikan pada April 1973 oleh Martin Cooper. Ia dan timnya yang bekerja di Motorola akhirnya menemukan sebuah perangkat komunkasi yang benar-benar portabel dan dapat digunakan sehari-hari oleh seseorang untuk menghubungi orang lain tanpa perlu keterbatasan gerak.

Sang Penemu
Martin Cooper mulai bekerja di Motorola pada tahun 1954, jabatannya adalah Senior Development Engineer dalam Divisi Mobile Equipment. Ia mengembangkan berbagai macam produk termasuk sistem radio portabel yang berbentuk seperti ponsel. Ia sendiri memegang 11 paten dalam industri komunikasi nirkabel dan dikenal sebagai seorang inovator dalam manajemen spektrum radio.

Kemudian pada awal tahun 1970, Cooper pindah ke Divisi Sistem Komunikasi. Di divisi inilah ia bersama timnya mengembangkan ponsel pertama pada tahun1973 berikut mengembangkannya selama 10 tahun ke depan lagi agar siap untuk pasar publik. Pada saat itu ponsel merupakan pengembangan dari telepon mobil yang saat itu marak digunakan. Namun Cooper berpikir bahwa sebuah alat komunikasi seharusnya bisa lebih bersifat personil dan lebih portabel.

Ia berpikir perangkat yang dijulukinya telepon personal adalah sesuatu yang mempresentasikan seseorang dimana ia dapat menginputkan (memasukkan) nomor kontak tanpa harus menempatkan perangkat tersebut di meja, rumah, tetapi dapat dibawa kemana saja. Yang menarik adalah Cooper mengatakan visinya tentang ponsel terinspirasi dari Communicator yang digunakan karakter Captain James T. Kirk pada serial fiksi Star Trek.

Dukungan Motorola
Pihak manajemen Motorola sangat mendukung konsep ponsel dari Martin Cooper dan perusahaan berinvestasi $100 juta antara tahun 1973 hingga 1993 untuk pengembangan. Cooper pun membentuk sebuah tim yang bertujuan untuk menyelesaikan sebuah misi yang harus diselesaikan dalam 90 hari, sesuai deadline perusahaan saat itu. Cukup mustahil mengingat ia dan tim harus membuat sebuah perangkat yang belum pernah diciptakan.

Kerja kerasnya terbayar dan akhirnya tercipta handset pertama bernama DynaTAC 8000x (Dynamic Adaptive Total Area Coverage) dengan bobot sekitar 1,25 kg dengan panjang 10 inci. Karena cukup berat dan panjang, banyak orang yang menyebutnya sebagai "telepon batu bata" atau "telepon sepatu." Yang membuatnya berat adalah baterainya yang 4 sampai 5 kali lebih berat dibandingkan baterai ponsel modern. Selain itu ponsel tersebut hanya dapat bertahan untuk penggunaan berbicara selama 20 menit dengan waktu pengisian baterai selama 10jam. Cooper pun bergurau,"Daya tahan baterai yang pendek bukanlah masalah karena toh Anda pastinya akan merasa capai jika harus memegang ponsel tersebut alam waktu lama."

Tepatnya pada 3 April 1973, Martin Cooper mendemonstrasikan penggunaan ponsel untuk pertama kalinya. Para wartawan yang meliput peristiwa bersejarah itu melihat Cooper menekan nomor pada ponsel untuk menghubungi kompetitornya, yakni Dr. Joel S. Engel yang merupakan pimpinan Bell Labs. Cooper mengatakan,"Joel, ini Martin. Aku menghubungimu dari sebuah telepon seluler, sebuah telepon yang benar-benar portabel." Ia melakukan hal tersebut seolah mengajak Bell Labs yang mengenalkan telepon mobil.

Pada tahun 1983, tepat 10 tahun masa pengembangan dari ponsel DynaTAC, ukurannya sudah lebih kecil setengahnya. DynaTAC pun dilepas ke pasar komersial dengan harga $3.900 yang dimana harganya setara dengan $10.000 pada saat ini.

Setelah itu, ponsel pun mulai berkembang hingga menjadi apa yang sedang Anda gunakan sekarang. Semakin canggih dan tidak dapat dilepaskan dalam aktivitas sehari-hari. Saat ini Martin Cooper beraktivitas sebagai pimpinan dari perusahaan Dyna LLC dan dianggap sebagai "Bapak Ponsel".
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment