Cara Atasi Maag, Perhatikan Pola Makan


Anda penderita maag? Harap berhati-hati karena penyakit ini dapat menyerang siapapun tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Penyakit maag tidak akan timbul apabila selalu menjaga kesehatan dengan tidak makan sembarangan dan hindari makan yang terlambat. Lalu bagaimana cara mengobati penyakit ini?

Maag atau radang lambung adalah gejala penyakit yang menyerang bagian lambung diakibatkan karena terjadi luka yang menyebabkan sakit mulas, dan perih pada perut. Umumnya disebabkan oleh dua faktor, yaitu infeksi dan non infeksi. Faktor infeksi umumnya disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan protozoa. Kuman helicobacter pylori merupakan penyebab tersering terjadinya sakit maag. Sedangkan faktor non infeksi disebabkan oleh hadirnya zat asing yang masuk dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang dapat menyebabkan peradangan lambung.

Setiap orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin dapat terinfeksi kuman helicobacter pylori. Saat kondisi tubuh seseorang sedang lemah, kuman ini akan tumbuh dan memberikan efek yang tidak baik. Helocobacter pylori dapat ditularkan ke orang lain melalui makanan atau terjadi kontak langsung dengan pasien atau penderitanya langsung. Penderita maag yang disebabkan bakteri ini biasanya akan mengalami sakit dalam periode yang terus-menerus atau berkepanjangan.


Penyebabnya lebih sering karena penderita makan secara tidak teratur, sering mengonsumsi obatan-obatan tertentu, terlalu banyak minum alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stres. Maag juga terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian saat makan penderita makan dengan porsi yang terlalu banyak atau berlebihan. Bagi yang sudah parah dan sakit maag tidak kunjung sembuh perlu berhati-hati, penyakit maag bisa sangat berbahaya sekali hingga menyebabkan kematian.

Sakit maag jika dideteksi sejak dini tentu dapat disembuhkan. Namun sebelum terkena maag ada baiknya melakukan pencegahan. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk pencegahan, di antaranya olahraga rutin, makan makanan yang bergizi, minum air putih serta makanan berserat, hindari makanan pedas atau asam, mengatur pola makan 3-4 kali sehari.

Penyakit maag bisa saja disembuhkan namun maag merupakan penyakit yang dapat kambuh apabila penderita tidak makan teratur. Untuk menyembuhkan salah satunya dengan mengonsumi obat yang dapat mengurangi rasa sakit di lambung. Obat ini dapat diminum dua jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan. Tujuanya untuk menetralisir asam lambung. Obat yang diminum dua jam sesudah makan tujuannya untuk melindungi dinding lambung dari asam yang telah diproduksi. Sampai akhirnya asam yang di lambung akan terpakai untuk mencerna makanan sehingga tidak melukai dinding lambung.

Dalam mengonsumsi obat-obatan juga harus berhati-hati dan harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, karena banyak obat yang sifatnya dapat merusak lambung sebagai contoh Vitamin C dosis tinggi karena mengandung asam ascorbat yang sangat asam bagi lambung dan jika dikonsumsi terus menerus bisa berakibat sakit maag.

Ada beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita yang terkena maag di antaranya makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai, makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga serat seperti sawi dan kol serta buah-buahan seperti pisang. Yang tak kalang penting, minuman seperti kopi dan susu juga dapat merangsang asam lambung. Lebih baik mencegah penyakit maag datang karena kalau sudah sampai tahap pengobatan harapan sembuh 100% itu dirasa sulit.

Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment