IBX59ED8B2FED208 Jilbab Segiempat dan Kreasinya - Jendela Informasi

Jilbab Segiempat dan Kreasinya

Jilbab segiempat merupakan jenis jilbab yang umum dikenakan baik dalam kegiatan sehari-hari maupun kegiatan tertentu. Anda tentu memahami perubahan era saat ini. Semakin modern, semakin banyak saja tantangan dalam mengenakan hijab. Mengenakan hijab tentu harus bisa menjadi inspirasi. Mampu membuktikan kepada wanita muslim lain kalau hijab bukan pembatas seseorang dalam berekspresi. Misalnya untuk sisi fashion, jilbab tetap bisa dikreasikan untuk membuat penampilan berhijab lebih modern dan sesuai dengan trend fashion saat ini. misalnya untuk jilbab segiempat, kreasinya bisa dengan menambahkan aksesoris atau menggunakan jilbab berwarna cerah dengan motif yang unik. Bahan pun kini lebih beragam namun tetap nyaman untuk Anda kenakan.

Dari sekian banyaknya jenis jilbab, jilbab segiempat memang yang paling sederhana dan simpel. Namun, jika Anda mencoba mengkreasikannya, Anda akan membuatnya lebih berbeda. Mengkreasikan jilbab segiempat ini pun menjadi salah satu cara agar Anda tidak bosan dengan gaya berjilbab yang itu-itu saja. Cara mengkreasikannya tidak perlu ke salon segala. Kini di rumah pun Anda bisa mengkreasikan gaya berjilbab sendiri dengan meniru tutorial yang banyak tersedia, baik di buku maupun internet.

Tapi. Tidak bisa sembarangan Anda lakukan. Anda harus memperhatikan beberapa hal. Berjilbab merupakan perintah agama yang ada aturannya. Harus sesuai syariatnya. Berjilbab wajib bagi wanita muslim yang sudah baligh. Oleh karena itu, membiasakan berjilbab sedari kecil sangat dianjurkan agar ketika usia baligh tiba, tidak susah lagi adaptasinya dan sudah paham kewajibannya. Perintah berjilbab dan hukum menutup aurat bagi seorang perempuan dijelaskan dalam Al-Qur’an surat An Nuur ayat 31. Islam memandang aurat perempuan yaitu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangannya. Untuk bagian badan bisa Anda tutupi dengan baju dengan terusan dan tangan yang panjang, sedangkan bagian kepala sampai dada dengan jilbab. Pemilihan jilbab harus syar’i, namun dari tuntunan kesyar’ian yang diharuskan ini banyak yang tidak menghiraukannya dan beranggapan tidak modis atau tidak gaya dengan jilbab syar’i yang menutupi hingga bagian dada tersebut. Padahal, untuk tetap modis bisa tetap Anda dapatkan dengan model jilbab ini.

1.Untuk tetap modis dengan jilbab syar’i Anda harus memperhatikan modelnya ketika memiliki. Jilbab yang akan Anda pilih harus sesuai dengan bentuk wajah. Tidak semua jilbab cocok dengan bentuk wajah Anda. Jika Anda memilih jilbab segiempat mungkin tidak begitu sulit karena nanti model ini untuk menyesuaikannya dengan bentuk wajah tinggal disesuaikan ketika mengkreasikannya saja. Sementara untuk jilbab langsung pakai yang tinggal dimasukan saja, perhatikan lubang untuk memasukkan muka atau wajahnya. Ukurannya memang standar, untuk menyesuaikan dengan bentuk muka jika lubangnya besar, Anda tinggal mengakalinya dengan peniti. Jangan pilih yang kekecilan.

2.Untuk jilbab sehari-hari, mungkin Anda bisa menggunakan jilbab segiempat dan jilbab langsung. Anda bisa menggunakan yang berbahan kaos dan yang berbahan ringan mudah dipakai. Sementara untuk jilbab ke tempat kerja, ke acara pesta, Anda bisa memilih jilbab model lain seperti pashmina yang kreasinya lebih banyak untuk menunjang penampilan nantinya. Perhatikan agar bahannya tetap nyaman dan rapi digunakan.

3.Anda bisa memilih bahan katun untuk jilbab segiempat dan jilbab ke pesta atau tempat kerja. Bahan ini menyerap keringat sehingga tidak akan membuat Anda kepanasan jika beraktivitas lama-lama. Tetap betah menggunakannya. Keringat di kepala yang menumpuk dan tidak terserap akan membuat Anda gatal-gatal. Hal inilah yang banyak dikeluhkan oleh wanita kebanyakan ketika tidak betah dengan jilbabnya. Selain karena belum terbiasa, hal ini disebabkan kurang tepatnya memilih kain atau bahan kerudung atau jilbab tersebut. Untuk berkreasi, menggunakan jilbab berbahan tebal dengan ringan atau tipis bisa membuat penampilan terlihat lebih menarik. Asal sesuai dengan tempat penggunaannya untuk membuat kreasi jilbabnya tetap nyaman dikenakan.

Berikut ini ada kreasi jilbab segiempat yang bisa Anda coba di rumah untuk membuatnya lebih menarik lagi.
  1. Pilih jilbab segi empat dengan bahan paris. Bahan ini tipis. Jika Anda merasa tidak nyaman, gunakan iner yang mampu menutupi hingga bagian lehernya. Jilbab segiempat dibentuk menjadi segitiga dengan menarik kedua bagian sisinya yang berlawanan.
  2. Jilbab kemudian diletakkan di atas kepala dengan posisi yang pas, nyaman, dan pantas, sama panjang.
  3. Kedua sisi jilbab tersebut Anda tautkan sampai bagian tengkuk belakang. Jepit dengan menggunakan peniti.
  4. Ujung bagian kanan diambil kemudian dilipat-lipat dan ikat menggunakan karet. Buat bentuknya menyerupai bunga. Kemudian setelah terbentuk menjadi bunga, Anda letakan dengan lurus dan letakan di sebelah telinga. Hasilnya menyerupai bunga yang Anda sematkankan atau diselipkan di bagian telinga. Rapikan dan beri jarum pentul agar bunga tersebut menempel sempurna.
  5. Sedangkan untuk bagian kiri bisa Anda ambil melalui tengkuk belakang bagian kanan untuk dibawa memutar ke bagian kiri agar leher dan dada tertutupi.
  6. Ujung kiri jilbab tersebut bisa Anda sisipkan dan gunakan jarum pentul untuk membuatnya tetap rapid an tidak berubah posisinya.


Kreasi jilbab bentuk segi empat ini merupakan kreasi cantik yang mudah ditiru untuk Anda kenakan sehari-hari. Nyaman dan tetap syar’I dengan bagian dada yang ditutupi. Untuk dikenakan ke acara yang lebih resmi Anda bisa menambahkan pita, bros, atau ikat kepala yang saat ini sedang trend. Penggunaan aksesoris selain disesuaikan dengan acaranya juga harus Anda sesuaikan dengan usia. Jangan sampai Anda mengenakan aksesoris yang seperti anak muda padahal usia Anda sudah dewasa. Hasilnya tentu saja tidak modis dan malah membuat penampilan Anda jadi tidak bagus dipandang.

Jilbab merupakan bagian dari fashion, oleh karena itu perlu diperhatikan. Pilih warna yang sesuai dengan karakter. Anda juga bisa bermain warna dan motif selain berkreasi dengan jilbab tersebut. Namun tetap harus diserasikan dengan item lain yang dikenakannya. Tabrak warna juga harus berkonsep dan jelas maksudnya. Pilih warna jilbab yang dominan lebih cerah untuk warna pakaian yang lebih kalem dan tidak mendominasi, begitu juga sebaliknya. Gunakan dalaman atau inner jilbab yang senada dengan kerudungnya. Jika bagian inner tersebut lebih mencolok, maka jilbab luarnya yang tidak mendominasi, begitu juga sebaliknya agar hasil yang dikenakan tidak menumpuk.

Jilbab bentuk segiempat cocok dengan semua bentuk wajah. Namun, untuk mengkreasikan memang berbeda-beda cara yang dilakukan agar pantas dan sesuai dengan bentuk wajah tersebut. Misalnya untuk yang bertipe wajah bulat, dalam kreasinya tidak boleh menaruh banyak aksesoris di sebelah wajah karena ini akan membuat wajah terlihat lebih lebar. Untuk tutorial yang menyematkan seperti bunga di sebelah telinga, maka bentuk bunganya tidak boleh terlalu besar. Selain itu, pilih warna jilbab segiempat yang polos agar tidak bertumpuk antara kreasi hijab dengan motifnya.

0 Response to "Jilbab Segiempat dan Kreasinya"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.