IBX59ED8B2FED208 Mengenal Drum, Sejarah Dan Bagian-bagiannya - Jendela Informasi

Mengenal Drum, Sejarah Dan Bagian-bagiannya

Lars Ulrich, drumer Metallica
Drum merupakan satu alat musk tertua di dunia. Alat musik ini digunakan sebelum tahun 6000 SM (Sebelum Masehi). Dahulu bangsa Afrika menggunakan drum untuk bermain musik, mengiringi tarian pada upacara adat, tanda peringatan bahaya, maupun mengintruksikan pasukan maju ke medan perang,namun tentu saja bentuknya tidak seperti sekarang.

Pada awalnya drum hanya terdiri hanya tom-tom,adanya invasi bangsa Eropa dan Timur Tengah ke Afrika menyebabkan drum semakin dikenal dan semakin berkembang sehingga tercipta snar drum. Perkembangan seianjutnya, tahun 1500 Masehi, Eropa coba menaklukan Amerika untuk membentuk koloni baru. Bangsa Eropa membawa orang-orang Afrika untuk diperdagangkan sehingga kebudayaan Eropa, Afrika, dan penduduk asli Amerika saling berbaur. Namun,orang Afrika yang berkulit hitam tidak boleh memainkan musik orang kultt putih. Oleh karena itu mereka menciptakan drum-set (seperangkat alat musik drum) dari drum Afrika yang mereka bawa untuk bermain musik. Bam pada Abad 20 orang-orang Amerika mulai tertarik mempelajari drum.kemudian drumpun semakin berkembang hingga mencapai bentuk seperti ini (drum akustk). 

Pada saat ini drum sudah semakin maju, kalau sekarang sudah ada gitar, piano, dan biola elektrik, maka drum pun sudah ada yang elektrik, tapi suaranya tidak seindah drum akustik. Seiring perkembangannya,saat ini makin banyak seniman yang memilih drum sebagai pegangannya dalam bermusik. Sebut saja Safri Duo dengan drumnya dapat menciptakan permainan yang sangat inovatif dan tidak kalah menarik dengan musik dari band lengkap. Akira Jimbo, seorang drummer No. 1 di Jepang menciptakan menciptakan drum yang bisa menimbulkan nada, menghasilkan bunyi seperti alat musk lain.dan bisa memainkan sebuah komposisi lagu. 

Drummer-drummer papan atas dunia.seperti Lars Ulrich,Sonny Emory, Steve Gadd, Roy Hanes, Cindy Blackman, maupun Peter Erskin karena kepiawaiannya kini menjadi simbol dagang bagi alat-alat drum yang diperdagangkan di seluruh dunia. Di Indonesia kita mengenal nama-nama seperti Jely Tobing. Gilang Ramadan, Wong Aksan, Budhy Hariyono sebagai drummer handal.Jika Anda ingin seperti mereka tentunya banyak hal yang hams diiakukan.

Mengenal Drum
Sebelum mempelajari teknik-teknik drum, sebaiknya Anda mengenal dan memahami bagian-bagian drum, cara menggunakannya serta mengetahui tanda-tanda/aturan dalam bermain drum.

Bagian-bagian Drum
Drum merupakan alat musik yang secara fisik mempunyai bagian terpisah, tapi merupakan satu kesatuan (drumset).

1.Cymbal (ride)
Cymbal merupakan salah satu bagian terpenting pada drum. Cymbal terbuat dari bahan kuningan yang kualitas kekuatannya sudah terjamin dan suara yang dihasilkan sangat cocok dalam bermain drum. Cymbal terdiiri dari tiga jenis/kelompok:
a. Ride cymbal
Bentuknya besar, digunakan untuk pengganti/variasi setelah hi-hat.


b. Flash cymbal
Bentuknya kecil, biasa digunakan untuk memukul cress. 


c. Cymbal cina 
Bentuknya besar, bagian pinggirnya menonjol. 


2. Hi-Hat
Hi-hat merupakan bagian dari drum yang terdiri dari dua buah piringan, seperti cymbal yang saling berhadapan. Bunyi hi-hat diperoleh dari dua benturan kdeua buah piringan dengan cara menginjak pedalhi-hat di bagian bawah.



3. Tom-tom
Tom-tom merupakan salah satu bagian utama pada drum. Tom-tom berbentuk seperti gendang. Tomtom terdiri dari beberapa macam ukuran, diameternya mulai dari 6-12 inci. Biasanya yang kecil disebut small tom-tom dan yang besar disebut large tom-tom/floor tom. Tom-tom memiliki dua drumhead (selaput gendang), atas dan bawah. Badan tom-tom terbuat dari kayu.

4. Snare Drum
Snare drum merupakan salah satu bagian utama dari drum yang paling sering dimainkan. Posisinya paling dekat dengan pemain. Diameternya biasanya berukuran 13-14 inci. Yang membedakan snare drum dan tom-tom, selain bentuknya lebih pendek, pada bagian bawahnya menggunakan kawat-kawat yang berbentuk spiral (snare wire). Jika Anda memukul head atas snare drum, maka snare wire di bawah segera merespon dengan cara memukul kembali head bawah sehingga menghasilkan suara yang tajam.

5. Bass Drum
Bass drum merupakan alat seperti tom-tom, tetapi ukurannya lebih besar, bunyi suaranya besar dan bernada paling rendah diantara alat drum lainnya. Kayu bass drum lebih tebal dari kayu tom-tom karena untuk menghasilkan suara yang lebih keras dan untuk kekuatan bass drum itu sendiri dibunyikan dengan menginjak/menekan pedal bass drum.



6. Stick
Stick merupakan alat pukul pada drum yang terbuat dari kayu atau fiber. Stick terdiri dari dua buah, satu dipegang tangan kiri dan satu dipegang tangan kanan. Stick dipergunakan untuk memukul snare drum, cymbal dan hi-hat. Suara yang ditimbulkan oleh kedua stick yang beradu juga dapat menambah variasi bunyi.


Pada umumnya bagi Anda yang baru mulai belajar drum, ada baiknya Anda mengenal bagian-bagian drum dan apa fungsinya. Dan pada waktu latihan drum biasakan gunakan metronome agar permainan drum Anda tidak lari dari tempo karena biasanya bagi orang yang baru belajar metronome tidak terlalu penting atau mereka tidak tahu kegunaannya. Metronome adalah alat untuk menjaga dan mengatur tempo kita saat bermain drum maupun alat musik lainnya.



0 Response to "Mengenal Drum, Sejarah Dan Bagian-bagiannya"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.