Inilah 5 Kriteria Rumah Sehat

Rumah adalah kebutuhan dasar manusia. Karena menjadi tempat tinggal dan bernaung keluarga, rumah haruslah memiliki beberapa kriteria tertentu diantaranya adalah faktor kesehatan. Rumah luas dan mewah jika penghuninya sakit-sakitan akan menjadi percuma, hanya membuat keharmonisan dan kebahagiaan keluarga terganggu.

Mengutip dari beberapa sumber, permukiman sehat dirumuskan sebagai suatu tempat untuk tinggal secara permanen. Berfungsi sebagai tempat untuk bermukim, beristirahat, berekreasi (bersantai) dan sebagai tempat berlindung dari pengaruh lingkungan yang memenuhi persyaratan fisiologis, psikologis dan bebas dari penularan penyakit.

5 Kriteria Rumah Sehat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tempat tinggal yang kita diami dan tinggali memenuhi syarat dan kriteria rumah sehat serta jauh dari segala hal yang berkaitan dengan penyakit, yaitu:
  1. Ventilasi sirkulasi pertukaran udara lancar. Udara yang bersih adalah hal yang penting yang harus ada dalam sebuah rumah yang sehat. Karena kebutuhan pokok manusia salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan oksigen yang baik dan ini bisa kita dapatkan dan penuhi bila rumah kita memiliki ventilasi yang baik serta cukup untuk pertukaran udara.
  2. Kebersihan rumah, kita ketahui bersama bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman dan kebersihan adalah juga merupakan pangkal kesehatan. Sehingga bila kita mengidamkan sebuah tempat tinggal yang sehat tentunya harus bisa memenuhi standar bersih dan sehat bagi sebuah rumah. Sistem bangunan yang dimiliki tersebut bisa memungkinkan agar rumah bisa menjadi.bebas kotoran, debu, asap serta kontaminan lainnya yang bisa berefek terhadap kesehatan.
  3. Persediaan air bersih yang tercukupi. Kebutuhan pokok manusia yang lainnya adalah pemenuhan kebutuhan akan air bersih. Sehingga rumah sehat juga diharapkan mempunyai sarana dan prasarana dalam penyediaan air bersih yang mencukupi untuk kebutuhan seluruh anggota keluarga.
  4. Lingkungan rumah yang aman. Lingkungan tempat tinggal dan juga lingkungan masyarakat tempat kita tinggal perlu juga memenuhi syarat dan standar keamanan yang baik. Bila kaitannya dengan rumah maka ketika akan membangun perlu dipikirkan konsep rumah yang aman dan sehat pula. Rumah hendaknya dibangun dengan bentuk, fungsi, dan peralatan yang aman bagi seluruh penghuni keluarga. Konsep ergonomis di setiap piranti hendaknya juga dipikirkan dengan baik dan matang pula. Sisi keamanan rumah dan juga keamanan lingkungan adalah faktor yang penting, demi menghindari terjadinya kecelakaan di dalam maupun di sekitar rumah.
  5. Sanitasi rumah yang baik. Yang satu ini tak boleh pula kita lupakan. Perlu pula kita berkonsultasi bagaimana cara menciptakan sebuah sanitasi yang sehat dan baik bagi sebuah rumah tempat tinggal kita. Baik itu menyangkut mengenai sistem pembuangan, sarana pembuangan limbah keluarga, adanya tempat sampah yang memenuhi standar kesehatan dan sebagainya.
Demikianlah 5 kriteria rumah sehat yang perlu Anda perhatikan agar Anda nyaman tinggal dan menghuni di dalamnya. Ingatlah, rumahku istanaku dan rumahku adalah surgaku!

0 Response to "Inilah 5 Kriteria Rumah Sehat"

Posting Komentar

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih.