Roof Garden, Alternatif Agar Rumah Lebih Asri Dan Hijau

Sebuah rumah tidak lengkap dengan tanpa adanya taman. Taman sebagai penghijauan di rumah Anda, bisa menjadi terapi untuk membuat orang yang di sekitar taman akan menjadi lebih santai, dan juga kehadiran taman bisa mengurangi polusi udara, mengurangi panas dan meningkatkan persediaan oksigen.

Keterbataasn lahan membuat kadang taman menjadi hal yang dikorbankan, tetapi sebenarnya lahan yang terbatas tak menjadi alasan untuk tidak menghijaukan  rumah kita. Banyak solusi yang  bisa menjadi pilihan, sekarang roof garden bisa menjadi pemecahannya, roof garden juga dapat mengurangi panas berlebihan di dalam ruang sebagai efek dari pemanasan global atau global warming yang memang menjadi salah satu trending topik masyarakat dunia. Roof garden adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan pada runah kita sendiri. Roof garden dapat berupa taman yang terletak di atap rumah atau tanaman yang diletakkan di pot.

Banyak manfaat dari roof garden. Selain menambah keteduhan, roof garden juga bisa dimanfaatkan untuk menyerap gas-gas beracun. dan dari segi estetis roof garden menyediakan keindahan bagi aspek bangunan sehingga tampak lebih hidup, asri, dan nyaman dan juga bisa mengundang hewan-hewan seperti burung dan lainnya.

Sebelum membuat roof garden, sebaiknya kita perhatikan beberapa hal yang bisa Anda lakukan:
  1. Sebelum membuat sebaiknya Anda merancang gambarnya terlebih dahulu agar roof garden tersebut menjadi lebih terkonsep dan tertata. 
  2. Membuat roof garden memang tidak murah dan untuk hasil yang maksimal  konstruksi atap untuk roof garden harus disiapkan dan didesain sejak awal. Membangun roof garden di atap rumah memerlukan konstruksi atap dak yang kuat karena konstruksi atap dak bukan hanya menyangga beratnya sendiri, tapi menyangga berat tanah, tanaman, air, dan lainnya. Buatlah atap dak beton dengan kemiringan 30 derajat, untuk memudahkan jalannya pembuangan air.
  3. Lapisi dak beton dengan material waterproofing untuk mencegah air merembes ke ruangan di bawahnya.
  4. Membuat sistem drainase yang baik untuk mengantisipasi jalannya air pada roof garden yang langsung berhubungan dengan pipa ke saluran pembuangan air.
  5. Pasang ijuk atau serabut kelapa-di atas dak beton berjajarteratur dengan ketebalan 10cm. Fungsi ijuk untuk menahan sekaligus menyaring air yang merembes dari pasir dan tanah.
  6. Tuang tanah merah dan humus. Kemudian, tanam rumput di atasnya.
Membuat roof garden mungkin mengeluarkan uang yang cukup banyak, tetapi manfaat yang dirasakan pasti melebihi nilai uang yang dikeluarkan, jadi jangan menyerah dengan lahan yang kecil atau terbatas, roof garden bisa menjadi pilihan untuk kita mempercantik dan mempernyaman rumah Anda. 
Previous
Next Post »

Berilah komentar yang sopan dan konstruktif. Diharap jangan melakukan spam dan menaruh link aktif. Terima kasih. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment