Cara Menggabungkan Tempat Lahir Dan Tanggal Lahir Di MS Office Excel

Maman Malmsteen 11.33.00
Menggabungkan Tempat Lahir dan Tanggal Lahir menjadi 1 kolom dalam Access bisa dilakukan dengan mudah.Tapi kalau di Excel, tidak gampang. Kenapa? Soalnya sebetulnya kita menggabungkan dua sel yang formatnya berbeda. Satu menggunakan format sel teks (Tempat Lahir), sedang yang lain format selnya tanggal (Tanggal Lahir).

Kita buktikan dengan menggabungkan langsung menggunakan operator &, begitu pula jika Anda menggunakan operator Concatenate, hasilnya akan tetap sama. Gagal!

Nah, agar penggabungan range berformat teks dan tanggal muncul sesuai yang diinginkan, gunakan fasilitas Copy dan Paste Special dengan bantuan Word.
  1. Di dalam program Excel, blok kolom Tanggal Lahir lalu klik [Copy].
  2. Pindah ke MS Word lalu klik [Edit] > [Paste Special) > [Paste] > [Unformatted Text] > [OK].
  3. Kembali ke Excel, blok kolom (di tempat yang salinannya akan ditempelkan) Dengan mengklik [Format] > [Cells] > [Number] > [Text] > [OK].
  4. Pindah lagi ke Word, lalu blok teksnya dan klik [Copy].
  5. Balik lagi ke Excel, lalu tempatkan penunjuk sel di 07 klik [Paste Special] > [Paste] > [Text] > [OK]. Kini gabungkan hasil di sel Q7 dengan menggunakan operator & sesuai yang diinginkan. Hasil yang sama akan diperoleh jika Anda menggunakan perintah Concatenate.
  6. Selanjutnya tinggal salin - tempel ke range di bawahnya.

7. Terakhir, salin dari range ke range yang sama dengan menggunakan pasangan perintah [Edit] > [Copy] dan [Edit] > [Paste Special) > [Value]. Kini kolom yang tidak terpakai bisa dihapus dengan perintah [Edit] > [Delete] > [Entire Column] > [OK].
Steven 

Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »