iklan space 728x90px

Cara Cepat Membuat Akses Wordpress Anti Lambat


Cara Cepat Membuat Akses Wordpress Anti Lambat - Kalau Anda sedang mengakses sebuah website dari Wordpress dan mengalami akses yang lambat, apa yang Anda rasakan? pasti kesal dan langsung ingin beralih ke halaman kan? Padahal seharusnya sepersekian detik waktu Anda bisa digunakan untuk membaca beberapa baris kalimat, hanya bisa Anda gunakan untuk menunggu akses. Padahal Anda yakin koneksi internet Anda tidak mengalami kendala apapun.

Nah, apa jadinya jika itu adalah website WordPress Anda? Apa yang akan Anda jelaskan kepada pengunjung Anda? Tentu sangat mengganggu bukan? Benar sekali, akses yang seharusnya tidak menjadi kendala justru mengganggu aktivitas online bahkan mengganggu proses berjualan online Anda. Dan membuat pelanggan pergi karena enggan menunggu lama masuk ke webiste kita adalah hal yang tidak kita inginkan. Itu sebabnya kita perlu memastikan bahkan WordPress kita cepat bila diakses, dari manapun, oleh siapapun dan kapanpun.

Lalu apa saja yang harus kita lakukan? Berikut ini cara cerdas membuat akses WordPress anti lambat:

Gunakan Javascript dengan wajar 
Sebenarnya self hosting WordPress yang kita gunakan sudah ringan. Dengan catatan kita tidak menggunakan fitur Javascript secara berlebihan. Javascript memang digunakan untuk mempercantik tampilan dari website kita, tapi jika berlebihan, tentu akan membuat akses website jauh lebih berat. Kurangi penggunaan widget Javascript yang tidak penting. Sebab pembaca datang bukan untuk mengagumi penampilan theme website kita, tapi untuk menikmati konten di website WordPress kita.

Memilih template yang sesuai kebutuhan
Template yang disediakan oleh WordPress memang beraneka ragam, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Pemilihan template bukan hanya berpengaruh untuk penampilan menarik bagi pembaca, tapi juga untuk akses website WordPress kita. Pilihlah template yang simple, enak dilihat dan ringan loadingnya.

Membatasi penggunaan plugin 
Selain Javascript, kita juga mengenal istilah plugin di dalam WordPress. Fitur menarik inilah yang juga menjadi salah satu penyebab website WordPress kita menjadi sangat lambat. Terlebih ketika kita tidak mengoptimasinya dengan baik. Batasi penggunaan plugin yang hanya sesuai dan Anda perlukan saja. Karena plugin juga akan memakan resource server Anda, seperti plugin related post.

Mengoptimasi CSS
Secara umum CSS yang disediakan oleh WordPress tidak terlalu memberatkan, namun ada yang perlu kita perhatikan. Cobalah untuk mengurangi penggunaan CSS3, sekalipun terlihat lebih canggih, namun CSS3 bisa membuat akses websita kita melambat. Karena penulisan kode CSS3 jauh lebih kompleks dan harus ditulis double agar mampu disupport oleh beberapa jenis browser.

Menggunakan background yang simple
Membuat pengunjung tertarik memang bisa kita optimasikan dari sisi manapun, termasuk menambahkan background untuk halaman website. Tapi kita juga tahu, bahwa konten gambar juga cukup memberatkan ketika website diakses. Jika memang perlu coba gunakan gambar dengan ekstensi JPG dan memiliki resolusi rendah. Karena JPG bisa diatur, resolusinya juga bisa menjadi lebih rendah dengan bantuan Photoshop. Kalau memang tidak perlu sebaiknya tidak kita gunakan.

Optimasi gambar di postingan
Biasanya tanpa gambar, sebuah postingan tidak akan menarik. Namun gunakanlah gambar dengan ekstensi JPG dan resolusi yang rendah, atur gambar dengan maksimal resolusi sekitar 70KB. Jangan lupa untuk meresize gambar terlebih dahulu, baik dari resolusi atau ukuran gambar.

Berikan fasiliras Mobile Access 
Kalau Anda ingin memberikan kemudahan untuk pengunjung website, Anda bisa memberikan fasilitas di perangkat mobile. Karena saat ini pengguna smartphone sudah cukup banyak. Dan ini merupakan peluang bagi kita untuk menjangkau dan mendapatkan pengunjung lebih banyak. Kita bisa menggunakan plugin semacam WordPress Mobile Pack atau WordPress mobile.

Pertimbangkan saat membuat website aplikasi
Jika Anda ingin membuat sebuah website aplikasi seperti menyediakan font seperti Google, coba pertimbangkan kembali. Karena itu membutuhkan waktu loading yang cukup lama di halaman blog atau website kita. Hal ini karena setiap web fonts yang kita gunakan pada halaman blog atau website akan diambil secara terpisah, dan itu akan menambah jumlah HTTP requests pada saat mengakses sebuah halaman website.

Manfaatkan page caching
Kita bisa memanfaatkan implementasi caching seperti yang terdapat pada plugin W3 Total Cache, WP Super Cache dan lain sebagainya. Plugin ini akan melakukan caching(penyimpanan) pada halaman blog yang telah diakses. Kemudian akan menyampaikan halaman blog yang sudah tercache kepada pengunjung blog selanjutnya. Dengan teknik inilah, server hosting yang kita gunakan tidak perlu repot - repot melakukan eksekusi pada seluruh script yang ada di dalam WordPress dan melakukan query database. Karena pengunjung blog akan "disuguhi" konten statik yang suda berada dalam cache tersebut. Ini juga akan membantu loading website kita jauh lebih cepat dan resonsif pada sata diakses.

Gunakan share hosting KHUSUS Wordpress 
Inilah salah satu yang harus Anda perhatikan ketika ingin mengembangkahan WordPress Anda. Kalau Anda menggunakan shared hosting maka pastikan terlebih dahulu bahwa shared hosting itu memang khusus disediakan untuk pengguna WordPress. Arti kata, setiap website WordPress memiliki kebutuhan akan fitur dan plugin yang berbeda-beda. Sedangkan tidak semua shared hosting menyediakan hal itu. Shared hosting yang Anda gunakan juga harus dipastikan memiliki performa yang baik, karena shared hosting yang overload atau overselling akan mengakibatkan server terbebani dan lambat dalam memproses page generation di website kita.

VPS juga cukup powerfull untuk Wordpress
Bukan hanya shared hosting saja yang bisa Anda gunakan untuk mendukung kinerja dan performa website WordPress, tapi juga dengan VPS. Jika Anda memiliki uang yang lebih, jangan ragu untuk menggunakan dan menyewa VPS dan menggunakannya sebagai server hosting pada blog WordPress yang Anda miliki. Anda memiliki banyak pilihan dan opsi untuk memiliki VPS agar blog bias diakses dengan lebih cepat. Kenapa bisa begitu? Karena Anda memiliki server Anda sendiri sekalipun dalam bentuk virtual. Menggunakan VPS dalam membantu kita mengimplementasikan kompresi (Page compression), implementasi web server yang lebih tangguh(nginx, litespeed, dan sebagainya) dan juga lainnya.

Mengoptimasi kecepatan dari Database yang terpisah
Data atau konten yang dimiliki oleh website WordPress kita tentu akan disimpan di dalam sebuah database khusus. Seharusnya memang begitu, karena bagaimanapun ketika kita mengakses data hanya dari 1 jenis database maka itu akan membuat akses WordPress menjadi semakin lambat. Jika Anda memilih untuk menggunakan Jasa Hosting untuk WordPress, carilah yang menyediakan fasilitas Database khusus untuk konten Anda, yang terpisah dengan database WordPress.

Shared hosting harus memiliki fasilitas CDN
CDN yang lebih dikenal dengan Content Delivery Network ini bisa membantu untuk memaksimalkan kecepatan akses website WordPress kita. Pada share hosting yang biasa Anda gunakan, seluruh pengunjung blog akan mengakses server hosting yang kita sewa. Berbeda ketika Anda menggunakan WordPress Hosting dengan fasilitas CDN, mereka akan mengimplementasikan CDN yang mendistribusikan konten blog ke beberapa server di berbagai belahan dunia. Pengunjung blog akan mengakses konten blog tersebut dari server terdekat dengan lokasi pengunjung website Anda. Anda dapat memilih provider WordPress-Hosting dengan fasilitas CDN.

Hosting Memberikan fasilitas Accelerator 
Salah satu yang membuat akses sebuah website cepat adalah jumlah atau ukuran data dari konten yang diakses. Saat kita memposting konten dengan ukuran yang besar, bisa dipastikan itu akan membuat akses menjadi sangat berat. Saat user mengakses konten kita, sebaiknya ada sebuah proses yang melakukan optimize otomatis pada bagian WordPress. Dan proses inilah yang dimaksud dengan Accelerator.

Konten yang diakses user akan dioptimize di server WP, dan setelah itu akan dikirimkan kembali oleh accelerator kepada user yang mengaksesnya. Ini membuat akses website WordPress menjadi lebih ringan dan cepat. Jadi, jika Anda memilih untuk menggunakan hosting khusus untuk WordPress, pilihlah layanan yang memiliki fasilitas Accelerator. Ini akan menguntungkan kita dari segi kecepatan akses sebuah website.

Nah, setelah membaca cara cerdas membuat akses wordpress anti lambat di atas, mana yang menjadi pilihan Anda sekarang?

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Membuat Akses Wordpress Anti Lambat"

Follow Berita/Artikel Jendela Informasi di Google News